Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:36wib
KontraS menyatakan selama 100 hari kepemimpinan Jenderal Listyo, kondisi penegakan hukum dan HAM yang dilakukan oleh kepolisian tak kunjung membaik. Pemerintah Nepal tengah kelabakan karena jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu melonjak 57 kali lipat, akibat penyebaran virus jenis mutasi dari India.
Yuk Buat Minyak Kelapa Murni yang Banyak Manfaat, Ini Caranya

Jumat, 16-April-2021 17:30

Minyak kelapa murni banyak memberi manfaat bagi kesehatan.
Foto : Oil
Minyak kelapa murni banyak memberi manfaat bagi kesehatan.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Minyak Kelapa Murni atau dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO) diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagaimana tidak, VCO diproduksi tanpa melalui proses pemanasan sehingga kandungan alami yang bermanfaat untuk kesehatan masih terjaga di dalamnya.

VCO diketahui mengandung polyphenols, vitamin, mineral, asam lemak, kolesterol baik dan tidak memiliki asam lemak non trans. VCO juga memiliki kandungan Vitamin E yang tidak ada pada minyak kelapa biasa.

Daripada membeli, Anda juga bisa membuat VCO sendiri di rumah lho. Berikut adalah alat dan bahan, serta langkah pembuatannya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterbitkan Kementerian Pertanian:

Alat dan Bahan 

- Parutan 

- Kelapa 

- Baskom 

- Kain Saring

- Gelas Ukur dan Air Hangat

- Toples Bertutup 

- Selang Kecil

- Corong Botol

- Kapas Pengaduk 

Cara Pembuatan

1. Buah kelapa tua (kulit berwarna coklat, tidak bertunas, masih mengandung air kelapa, berusia sekitar 10-12 bulan, telah dipetik selama kurang lebih 2 minggu) diambil daging buahnya.

2. Daging buah dibersihkan dari kulit arinya hingga hanya tersisa daging berwarna putih

3. Daging kelapa dicuci lalu diparut

4. Tambahkan air matang hangat hingga seluruh parutan kelapa terendam air secepatnya (maksimal 30 menit setelah proses pemarutan)

5. Masukkan santan ke dalam toples bertutup rapat lalu diamkan selama 2 jam hingga terbentuk dua lapisan terpisah antara air dan gumpalan minyak (krim)

6. Hilangkan air dengan disedot menggunakan selang kecil hingga tersisa krim yang berwarna putih susu (bagian atas).

7. Aduk krim selama 1 jam dengan mengganti arah putaran adukan

secara berselang-seling. Untuk mempersingkat proses pengadukan,

dapat juga ditambahkan VCO 1 bagian setiap 3 bagian krim yang terbentuk. Dengan metode ini, pengadukan dapat dilakukan selama 5 menit saja

8. Masukkan krim yang telah diaduk merata ke dalam toples tertutup dan diamkan selama 12 jam 

9. Pisahkan minyak (lapisan paling atas) dari 3 lapisan yang terbentuk.

Lapisan tengah berupa blondo, lapisan paling bawah adalah air

10. Saring minyak ke dalam botol menggunakan corong yang telah diisi 1/3 bagian bawah dengan kapas. Tutup corong dengan plastik bening selama proses penyaringan.

VCO kemudian bisa Anda gunakan untuk mencegah kerut dan penuaan dini dengan mengoleskannya ke kulit, merawat rambut dengan memijatnya ke kulit kepala. 

Selain itu, VCO juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi jantung dan pembuluh darah, menangkal radikal bebas dan penyakit degeneratif, memperbaiki penyerapan zat gizi dan mengatasi gangguan pencernaan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani