Netral English Netral Mandarin
banner paskah
22:46wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Wujudkan Kawasan Dieng Sebagai The Heart of Central Java, Ini yang Dilakukan Pemkab Banjarnegara

Minggu, 28-Februari-2021 15:05

Telaga warna Dieng di Jawa Tengah.
Foto : indonesia.go.id
Telaga warna Dieng di Jawa Tengah.
22

BANJARNEGARA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata di Banjarnegara," kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (27/2/2021).

Pihaknya berharap upaya pengembangan tersebut akan membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Diharapkan dengan pengembangan yang berkesinambungan dapat menjadikan kawasan wisata Dieng agar lebih maju, unggul, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Terkait hal tersebut pihaknya terus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah melengkapi fasilitas yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Bupati mencontohnya pihaknya pada akhir 2020 lalu telah merampungkan pembangunan jembatan kahyangan di Kawah Sikidang, Dieng.

Terkait hal tersebut bupati mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara yang telah menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut.

Bupati berharap upaya yang telah dilakukan akan menjadikan Dieng sebagai destinasi favorit yang akan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Hal tersebut sesuai dengan jargon pariwisata Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng yakni "The Heart of Central Java".

Sebelumnya, bupati juga meminta seluruh sektor pariwisata di Banjarnegara untuk mengedepankan nilai-nilai Sapta Pesona dalam rangka meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

"Saya pesan kepada seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata di Banjarbegara untuk bersama mewujudkan gerakan Sapta Pesona," katanya.

Bupati mengatakan nilai-nilai Sapta Pesona terdiri dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan juga kenangan.

"Saya yakin dengan terwujudnya nilai-nilai Sapta Pesona di seluruh objek wisata yang ada di Banjarnegara akan menjadikan sektor ini makin unggul dan menjadi tujuan utama dalam berwisata," katanya, seperti dilansir Antara.

Ia memastikan, Pemkab Banjarnegara terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata yang ada di wilayah setempat meskipun di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengintensifkan pembangunan infrastruktur menuju objek wisata yang ada di wilayah ini.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP