Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:50wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Wow! di Taiwan ada Skuter Listrik yang Bisa Isi Baterai Kosong Sampai Penuh Tak Sampai Satu Menit

Sabtu, 06-Maret-2021 16:00

Skuter listrik laku dalam sekejab.
Foto : Gogoro
Skuter listrik laku dalam sekejab.
13

 JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pernah punya keinginan mau beli motor listrik tapi kemudian tak jadi karena khawatir repot dengan pengisian baterainya? Ya Anda tidak sendiri. Saat ini teknologi motor listrik sudah mulai berkembang, namun masih terkendala daya tahan dan pengisian baterainya yang terlalu lama sehingga tidak banyak diminati seperti halnya mobil listrik.

Namun di Taiwan, ada sepeda motor (skuter) listrik dengan kecepatan maksimum lebih dari 90 kilometer per jam, daya tahan baterai hingga 170 kilometer, bisa berjalan mundur, dan dapat menggunakan sensor handphone atau jam tangan apple untuk membuka kunci menyalakan skuter loh.

Tidak hanya itu, tingkat pencurian sepeda motor jenis ini hampir nol, dan yang paling menakjubkan adalah motor ini bisa membuat baterai yang sudah mati kembali menjadi terisi penuh dalam waktu kurang dari satu menit. Apakah nama skuter listrik impian itu? Skuter listrik itu bernama Gogoro dan sudah diluncurkan di Taiwan pada 2015 lalu.

Daya tahan dan waktu pengisian baterai yang terlalu lama saat ini jadi isu utama bagi kendaraan berteknologi listrik. Bayangkan ketika sedang berkendara skuter listrik di tengah jalan tiba-tiba mati listrik, Anda tidak dapat kembali ke rumah untuk mengisi daya, dan di sekitarnya tidak ada tempat pengisian daya baterai listrik. Apa yang harus dilakukan?

Meskipun di sekitar ada tempat pengisian daya dan Anda dapat mendorongnya kesana, tetapi mengisi daya baterai listrik membutuhkan waktu puluhan menit hingga beberapa jam, bagaimana bisa keburu kejar film yang akan segera tayang dalam waktu 5 menit, atau saatnya menjemput anak dari sekolah dalam 10 menit? Perusahaan Gogoro telah memikirkan hal ini jauh sebelum meluncurkan skuter listrik.

Masalah mengenai "kekuatiran jarak tempuh kendaraan" dan "kekuatiran menunggu waktu pengisian daya" oleh pemilik skuter listrik telah diberikan solusi yang tepat, yaitu, "mengganti baterai." Di berbagai tempat banyak didirikan "stasiun penggantian baterai (GoStation)."

Setiap GoStation memiliki lusinan baterai yang dapat diisi ulang setiap saat. Pemilik kenderaan cukup mengendarai skuter ke GoStation, mengeluarkan baterai yang sudah mati dari skuter dan meletakkannya ke tempat penukaran baterai di GoStation, dan GoStation akan menukarkan baterai baru secara otomatis, pemilik tinggal memasukkan baterai baru ke skuter dan kembali melanjutkan perjalanan.

Penggantian baterai hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit. Selain itu, jumlah GoStation di seluruh Taiwan sangat banyak. Biasanya dari jarak beberapa kilometer hingga puluhan kilometer akan ditemukan GoStation, sehingga tidak perlu kuatir daya listrik skuter tidak bisa mencapai stasiun pengisian.

Kekuatiran utama lainnya bagi pemilik skuter listrik adalah tingkat penyusutan daya baterai. Setelah digunakan beberapa waktu kemudian, baterai litium umumnya akan mengalami penurunan kapasitas penyimpanan dan baterai tidak dapat terisi penuh.

Pada saat ini, pemilik terpaksa merogoh kantong untuk membeli baterai baru dengan harga yang sangat mahal, dan secara tidak langsung akan meningkatkan biaya perawatan kendaraan listrik bagi pemiliknya. Hal ini tak jadi masalah, Gogoro telah membantu Anda memikirkan solusinya, karena Gogoro menggunakan metode penggantian, artinya semua baterai pemilik skuter itu bisa dipakai secara bersama-sama.

Setelah pemakaian baterai mengalami penurunan kapasitas penyimpanan, Gogoro akan mendaur ulang baterai lama dan menggantinya dengan baterai yang baru, pemilik skuter listrik tidak dipungut biaya.

Selain itu, karena daya baterai Gogoro itu diisi di GoStation, maka pemilik skuter tidak perlu lagi membayar biaya listrik karena mengisi daya di rumah atau di stasiun khusus, dan dalam jangka panjang bisa menghemat banyak biaya listrik.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani