Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:48wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Wow, 7 Hobi Ini Bisa Buat Anda Panjang Umur

Kamis, 04-Maret-2021 12:00

Ilustrasi berkebun.
Foto : freepik.com
Ilustrasi berkebun.
31

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penelitian menunjukkan beberapa hobi bisa membuat Anda panjang umur. Pasalnya, hobi adalah bagian dari apa yang membuat hidup menyenangkan. 

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa hobi memiliki pengaruh yang begitu kuat pada kesejahteraan Anda sehingga dapat menambah usia. Berikut adalah beberapa hobi yang menurut sains dapat menambah umur Anda, seperti dikutip dari Money Talk News:

1. Membaca

Stres adalah sumber utama masalah kesehatan yang memperpendek usia. Tetapi hanya dengan mengambil buku dan melarikan diri ke "dunia lain" dapat mengurangi tingkat stres hingga 68%. Demikian menurut sebuah penelitian dari University of Sussex di Inggris. 

Hanya perlu waktu enam menit untuk membaca dan mulai menghasilkan keajaiban, menurut penelitian. Mengapa membaca sangat efektif dalam menenangkan saraf Anda? Menurut satu laporan yang merinci temuan para peneliti: "Psikolog mengatakan ini karena pikiran manusia harus berkonsentrasi pada membaca dan meredakan ketegangan di otot dan jantung.

2. Berkebun 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik berkebun yang dikombinasikan dengan suasana hijau yang subur, dapat meningkatkan dan memperpanjang umur. 

Orang berusia 60-an yang berkebun menurunkan risiko terkena demensia sebesar 36%, menurut sebuah penelitian di Australia. Dr Bradley Willcox dari Universitas Hawaii mencatat bahwa banyak penduduk di Okinawa (terdapat orang-orang yang telah mencapai usia 100 tahun tertinggi di dunia( merawat kebun pribadi hingga usia tua. 

Studi Universitas Harvard juga menemukan bahwa wanita yang tinggal di tengah vegetasi hijau subur memiliki tingkat kematian yang lebih rendah. 

3. Memasak

Makanan restoran dan makanan olahan dapat merusak kesehatan Anda. Makanan itu berkontribusi pada penyakit yang memperpendek hidup seperti betdampak diabetes dan penyakit kardiovaskular. Sebaliknya orang yang membuat makanan sendiri, lebih cenderung makan makanan yang lebih sehat.

Semakin sering orang memasak di rumah setiap minggu, semakin tinggi skor mereka pada Indeks Makan Sehat, menurut peneliti di University of Washington. 

Para peneliti mengatakan: “Makan malam yang dimasak di rumah dikaitkan dengan kepatuhan pedoman diet yang lebih besar, tanpa peningkatan signifikan dalam pengeluaran makanan. Sebaliknya, sering makan di luar dikaitkan dengan pengeluaran yang lebih tinggi dan kepatuhan yang lebih rendah".

4. Mendengar Musik

Melodi yang bagus bisa menggelitik telinga dan menambah umur Anda. Patrick Fagan, Dosen di Goldsmiths, University of London bahkan berkata bahwa menghadiri konser secara teratur dapat menambah tahun hidup Anda. 

Studi yang dipimpin oleh Fagan menemukan, mendengarkan selama 20 menit saja dapat meningkatkan rasa kesejahteraan Anda hingga 21%. Secara khusus, soal datang ke konser musik menghasilkan: Perasaan harga diri sebesar 25%, Perasaan dekat dengan orang lain sebesar 25%, Stimulasi mental sebesar 75%. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa perasaan positif seperti itu dapat meningkatkan umur hingga sembilan tahun. 

"Penelitian kami menunjukkan pengaruh besar pertunjukan terhadap perasaan sehat, bahagia, dan sejahtera dengan kehadiran rutin sebagai kuncinya," kata Fagan.

5. Menjadi Relawan

Menjadi relawan adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan sedikit kebaikan dan membantu orang lain. Itu bisa terjadi apabila Anda melakukannya dengan tulus, sepenuh hati.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology menemukan bahwa menjadi relawan memang memperpanjang hidup, tetapi dengan peringatan yang aneh, menurut American Psychological Association. 

Menurut asosiasi itu, relawan hidup lebih lama daripada orang yang tidak menjadi relawan. Nilai-nilai altruistik atau keinginan untuk hubungan sosial sebagai alasan utama ingin menjadi relawan, menurut penelitian tersebut. 

Peneliti berspekulasi bahwa motivasi yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari kegiatan relawan, karena hal itu melindungi relawan dari pemicu stres. 

6. Jalan 

Tindakan sederhana berjalan kaki dapat berdampak besar pada kesehatan Anda. Hebatnya, mereka yang berjalan-jalan cepat bisa hidup hingga 20 tahun lebih lama daripada yang tidak melakukannya, menurut sebuah studi Mayo Clinic. 

Lebih baik lagi, manfaat jalan kaki tersedia bagi orang-orang tanpa memandang indeks massa tubuh mereka. Para peneliti mencatat bahwa berjalan cepat, setidaknya 3 mil per jam, atau 100 langkah per menit, diperlukan untuk mendapatkan manfaat hidup lebih panjang.

7. Memiliki Hewan Peliharaan 

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan menikmati banyak manfaat kesehatan dari berada di dekat "teman berbulu" mereka. Misalnya, meta-analisis penelitian yang diterbitkan antara tahun 1950 dan 2019 menemukan bahwa pemilik anjing mengalami penurunan risiko kematian sebesar 24% karena penyebab apa pun. 

Manfaatnya bahkan lebih terasa bagi orang yang memiliki masalah jantung. Penulis penelitian percaya, mengajak berjalan-jalan anjing  dan melakukan sedikit olahraga mungkin memainkan peran besar dalam hasil kesehatan yang lebih baik ini. 

Sebuah studi terpisah dalam Journal of Vascular and Interventional Neurology menemukan bahwa orang yang memiliki kucing memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat serangan jantung atau stroke.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP