Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:18wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Wisata Unik Kete Kesu, Kampung Adat Paling Populer Ada di Tana Toraja

Rabu, 31-Maret-2021 14:30

Kete Kese, kampung adat di Toraja.
Foto : halotorajautara.com
Kete Kese, kampung adat di Toraja.
27

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Apakah Anda sedang memiliki waktu luang bersama keluarga dan kerabat? Jika ya, tidak ada salahnya Anda coba berwisata dan mengunjungi Kete Kesu. Wisata satu ini dikenal sebagai kampung adat paling populer yang ada di Tana Toraja. 

Lokasi wisata Kete Kesu terletak di Jalan Ke’te Kesu’, Kampung Bunoran, Kelurahan Panta’rukan Lolo, Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Anda tidak perlu khawatir takut kesasar, tinggal gunakan saja aplikasi penunjuk arah menggunakan gawai sepanjang perjalanan. 

Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan transportasi umum, bemo maupun ojek. Untuk Anda yang mau sewa motor dan mobil pun tersedia. 

Anda bersama kerabat ata keluarga bisa datang ke wisata yang satu ini setiap hari, alias dari Senin hingga Minggu. Anda juga tidak perlu pusing untuk mengatur waktu perjalanan, karena loasi wisata ini buka selama 24 jam. 

Apabila tertarik berkunjung, Anda tinggal menyiapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk kawasan wisata ini. Biaya tiket masuk yang perlu Anda keluarkan adalah sebensar Rp 10 Ribu saja. Amat terjangkau bukan? 

Sesampainya di wisata Kete Kesu, Anda bisa menyaksikan upacara adat dari Desa Kete Kesu. Perlu Anda catat, pada Bulan Juni sampai Desember adalah waktu yang paling tepat untuk melihat berbagai upacara adat di wisata Kete Kesu. Tentu akan menambah pengetahuan dan pengalaman berlibur yang baru bagi Anda. 

Ada salah satu ritual adat yang menarik untuk And ketahui dan lihat sendiri, namanya adalah Ritual Ma’Nene. Pada ritual itu, warga akan membersihkan jasad para leluhur serta mengganti pakaiannya. Prosesi adat tersebut digelar secara rutin setiap tahunnya. 

Anda yang suka dengan sejarah juga bisa berkunjung ke museum yang ada di kawasan wisata ini. Salah satu diantaranya ada jajaran Tongkonan, dimana terdapat sebuah rumah yang bernama Tongkonan Rura. 

Tongkonan Rura ini difungsikan sebgai museum yng berisi koleksi berbagai benda adat kuno Toraja. Anda tentu dpat menengok jejak sejarah dan peradaban dari Tana Toraja di dalamnya. 

Tidak hanya itu saja, di kawasan wisata ini juga Anda bisa berkunjung ke situs pemakaman kuno. Situs ini diketahui merupakan peninggalan purbakala yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Jangan kaget, di lokasi ini juga Anda bisa melihat areal kubur di lereng bukit dan makan tebing sebagai pemakaman tertua di dunia. 

Spot lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melihat dan berfoto di jejeran rumah adat Toraja yang bernama Tongkanan. Tongkanan awalnya dikenal sebagai tempat berdiskusinya pada bangsawan yang terbuat dari bambu dan kayu. 

Rumah adat berusia ratusan tahun itu bahkan ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya. Salah satu keunikannya, derajat sosial keluarga Toraja dilihat dari jumlah tanduk kerbau yang dipajang di depan ruamh tersebut.

Saat berkeliling wisata Toraja ini juga Anda akan disuguhkan dengan pemandangan desa adat yang sangat indah dan panorama alam yang eksotik. Anda juga bisa melihat area sawah dan penggembalaan, hingga hutan bambu. Bambu sendiri merupakan bahan utama dalam setiap upacara maupun untuk bahan membangun rumah. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP