Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:08wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Wisata Kuliner di Jogja, 5 Makanan Ini Wajib Anda Coba

Rabu, 24-Maret-2021 17:10

Masakan Tengkleng Jogja.
Foto : FB Tengkleng Hohah
Masakan Tengkleng Jogja.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau disebut Jogja seakan merupakan daerah yang betul-betul istimewa. Bagaimana tidak, Jogja menawarkan berbagai destinasi wisata, orang-orangnya ramah, hingga beragam kuliner yang nikmat dan terjangkau harganya. 

Apabila berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan beragam kuliner khasnya. Jangan kaget kalau rupa dan rasanya unik, harga terjangkau, menguggah selera dan menggoyang lidah Anda. 

Berikut lima kuliner khas Jogja yang wajib Anda coba: 

1. Gudeg

Siapa yang tidak tahu nangka muda? Eits, tapi ini nangka bukan sembarang nangka. Sayur nangka akan diolah dengan daun jati serta berbagai bumbu, hingga warnanya cokelat kemerahan dan menghasilkan rasa gurih dan manis. 

Anda bisa menyantapnya dengan karbohidrat nasi putih hangat ataupun bubur. Jangan lupa tambahkan sambal krecek alias kulit sapi yang pedas dengan tambahan kacang tolo. 

Untuk protein dan lauk lainnya, Anda bisa menambah tahu, tempe, telur, hingga ayam yang dibacem. Nikmatnya, Anda bisa menyantap gudeng ini diatas piring dengan alas daun pisang yang menambah aroma dan mengugah selera.

2. Angkringan

Apabila ke Jogja, Anda juga tidak boleh melewatkan sajian khas angkringan. Yakni sebuah gerobak yang menyajikan berbagai macam pilihan kudapan dan berbagai minuman. 

Salah satu makanan yang paling populer bernama nasi kucing, bagaikan porsi memberi makan pada kucing. Isi dari nasi kucing biasanya setangkup kecil nasi, dengan topping beragam seperti sambal teri, tempe orek, ataupun suiran ayam. Siap-siap, Anda akan makan lebih dari satu bungkus. 

Coba juga beragam sate-satean, seperti sate usus, sate telur puyuh, sate ati ampela, sate bakso, dan sate kikil yang biasanya disajikan dengan dibacem. Anda bisa meminta sate bacem untuk dibakar lagi dengan tambahan kecap manis, agar sajian menjadi hangat dan menambah selera makan. 

Tidak hanya itu, ada juga berbagai macam gorengan, kripik, dan kacang. Jangan lupa juga pesan minuman pendamping seperti wedang susu jahe, wedang uwuh, hingga kopi dengan arang atau disebut kopi jos.

3. Sate Tengkleng

Bagi Anda pecinta daging kambing, sate tengkleng bisa jadi salah satu pilihannya. Berbeda dari sate biasanya, sate ini akan ditusuk pada jeruji besi. Tentu ukuran potongan dagingnya lebih besar daripada sate biasa. 

Sate lantas akan dibakar di atas bara api hingga matang. Sensasi daging yang fresh langsung dibakar akan memberikan sensasi empuk serta gurih. 

Setiap tusukan sate juga bukan disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, melainkan dengan kuah kuning. Kuah kuning merupakan pendamping sate yang memberikan sensasi hangat, kaya akan rempah, dan gurih. Cocok disantap bersama dengan sepiring nasi putih bertabur bawang goreng.

4. Rujak Es Krim

Sebagai salah satu pencuci mulut, ada sebuah dessert yang terkenal khas Jogja, namanya adalah Rujak Es. Yup, makanan ini terdiri atas rujak dan es krim. 

Rujak berisi berbagai macam buah dan sayur. Misalnya saja ada buah pepaya muda, pisang, bengkuang, nanas, dan jambu air. Ada pula tamabahan sayur mentimun dan ubi ungu. Semua bahan lantas diserut. 

Bahan itu lantas dicampur dengan bumbu rujak, yang terdiri dari kacang, gula merah, air asam jawa, dan cabai. Rujak berkuah lantas dipindahkan pada sebuah piring, lantas diberikan topping es krim rasa vanilla yang biasanya berwarna merah muda. Hmmm, segar.

5. Bakpia

Apabila ke Jogja, Anda juga jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya yakni Bakpia. Makanan ini berbahan dasar tepung dan berbagai bahan lain yang diisi dengan kacang hijau. 

Bakpia yang berbentuk bulat pipih, kemudian dipanggang hingga kecokelatan. Makanan ini memiliki sensasi rasa gurih di luar dan manis di dalam, dengan tekstur yang kering empuk sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena tahan lama. 

Kemajuan zaman, berbagai isian bakpia kini juga mulai beragam. Misalnya saja ada rasa cokelat, keju, hingga berbagai macam rasa buah-buahan. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP