Netral English Netral Mandarin
02:16wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Vaksinasi Tokoh Agama dan Lansia di Masjid Istiqlal, Bawa KTP bisa Langsung Dilayani

Kamis, 25-Februari-2021 14:20

Vaksinasi Lansia
Foto : Istimewa
Vaksinasi Lansia
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Agama menggelar vaksinasi COVID-19 bagi tokoh lintas agama dan lansia berusia di atas 60 tahun di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Kamis (25/2/2021).

Tak perlu persyaratan lengkap, Kemenkes menyatakan, vaksinasi COVID-19 di Masjid Istiqlal dapat dilakukan oleh para pemuka agama ataupun lansia meski tak masuk daftar penerima vaksin.

Hanya cukup dengan membawa KTP, calon penerima vaksinasi dapat segera terlayani. Demikian dikatakan Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rondonuwu.

"Silakan datang ke basement Masjid Istiqlal, cukup dengan membawa KTP," kata Maxi saat dihubungi.

Dijelaskannya, vaksinasi bagi tokoh agama dan lansia ini telah dilakukan sejak Selasa (23/2/2021) lalu, dan berakhir pada Sabtu (27/2/2021) mendatang.

Maxi mengimbau, warga tidak usah kuatir dengan dampak vaksinasi. Pasalnya Kementerian Kesehatan juga melibatkan dokter guna mengawasi proses vaksinasi.

Usai disuntik vaksin, akan dilakukan observasi selama 30 menit untuk memastikan tak ada kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

"Tidak usah ragu, aman, ada dokter yang mengawasi," ujarnya.

Kegiatan vaksinasi tokoh lintas agama ini menargetkan vaksinasi 10 ribu tokoh agama. Berdasarkan data panitia, saat ini sudah ribuan data tokoh agama yang telah tervalidasi untuk diberikan vaksinasi.

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Mejelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia, Maha Biksu Dutavira Sthavira menyambut baik pelaksanaan vaksinasi bagi tokoh agama tersebut.

Ia mengatakan vaksinasi ini bukti nyata negara merawat, menjaga anak bangsa agar sehat. Ia juga mengatakan vaksin yang dipilih oleh negara yakni vaksin Sinovac ini sangat cocok untuk DNA dan iklim di Indonesia.

"Saya sudah di vaksin, kepada anak bangsa semua ikut vaksinasi dengan satu keyakinan kita sehat keluarga kita juga sehat kita bisa menjaga dan mentaati protokol 5M, berarti kita menjaga keselamatan keluarga kita juga," tutur Dutavira.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati