Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:53wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Vaksin Perlu Listrik Penuh, Riau Rawan Pemadaman, Ini Desakan Wagub

Selasa, 12-January-2021 08:20

Wagub Kepri desak PLN agara tak ada pemadaman listrik.
Foto : Empire
Wagub Kepri desak PLN agara tak ada pemadaman listrik.
21

PEKANBARU, NETRALNEWS.COM - Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution berharap bupati/wali kota se-Provinsi Riau bisa menjamin ketersediaan listrik selama penyimpanan vaksin COVID-19 karena alat pendingin untuk penyimpanan vaksin membutuhkan tenaga listrik.

"Pemkab dan kota se Riau tetap harus berkoordinasi dengan PLN dengan harapan betul-betul bisa menjamin ketersediaan listrik selama vaksin ini disimpan," kata Edi, Senin, (11/1/2021).

Dia berharap tidak ada kendala pada listrik yang dapat menyebabkan ruang pendingin tempat vaksin COVID-19 menjadi terganggu sehingga kegiatan vaksinasi bisa dilakukan dengan aman dan lancar.

Karenanya ketersediaan listrik di tempat penyimpanan vaksin nantinya, dapat menjadi perhatian bersama sekaligus dalam pelaksanaannya seluruh sarana dan prasarana pendukung seperti Plpuskesmas juga harus menyiapkan.

"Untuk mendukung kelancaran vaksinasi tersebut Riau menyiapkan 265 unit puskesmas sebagai pusat layanan vaksin yang sudah terinput di aplikasi P-Care dengan dilengkapi sebanyak 708 vaksinator yang sudah dilatih," ungkap Edi.

Ia menyebutkan pada tahap pertama vaksin yang sudah diterima pada 5 Januari 2021 sebanyak 20.000 dosis dan untuk kesiapan sarana rantai dingin di Riau berjumlah 265 cold chain, 16 kulkas dan 235 cold box.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani