Netral English Netral Mandarin
04:06wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Usai Bencana Kebakaran, Anies Minta Warga Tempel Stiker, Tokoh Ini Malah Sebut Pemikirannya seperti Anak TK

Kamis, 01-April-2021 09:35

Gubernur Anies Baswedan
Foto : Istimewa
Gubernur Anies Baswedan
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean kesal dengan cara Gubernur Anies Baswedan menyikapi bencana kebakaran yang sebelumnya terjadi di daerah Matraman, Jakarta. 

“Bukannya melakukan renovasi atau perbaikan atas temuan potensi penyebab kebakaran, malah disuruh dipasang stiker. Memangnya stiker bisa mencegah kebakaran? Koq ada ya org sprt ini jd Gubernur di Ibukota negara besar? Pemikirannya sprt anak TK,” kata Ferdinand, Kamis 1 April 2021.

Sementara sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan enam instruksi tentang gerakan warga cegah kebakaran. 

Kebijakan ini tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 65 Tahun 2019. 

"Kegiatan ini sesuai dengan instruksi Gubernur Nomor 65 Tahun 2019 tentang gerakan warga cegah kebakaran," ucap Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (31/3/2021).  

Adapun intruksi Anies sebagai berikut: 

1. Melaksanakan pemeriksaan kelayakan sarana prasarana dilingkungan warga.  BACA JUGA: Anies Ajak Ayah dan Anak Pengamen Makan Sate Blora Bersama 

2. Melakukan sosialisasi serta melatih warga melakukan pencegahan dan pemadaman dini kebakaran.  Video Penampakan Banjir Jakarta dari Pantauan Udara 

3. Memastikan ketersediaan prasarana dan sarana pemadam dilingkungan rawan kebakaran.  

4. Kader Dasawisma didampingi Personel Damkar dan pihak Kelurahan melakukan pemeriksaan dan pendataan rumah waspada kebakaran.  

5. Menempelkan stiker rumah waspada kebakaran berdasarkan hasil pemeriksaan dan pendataan.  

6. Warga yang tempat tinggalnya masuk kategori waspada kebakaran agar memiliki alat pemadam api ringan (APAR).

Anies mengatakan, tugas Dinas Gulkarmat melaksanakan pemeriksaan kelayakan sarana dan prasarana di lingkungan warga. 

Mereka juga memberikan sosialisasi dan pelatihan pemadaman secara dini serta memastikan tersedianya sarana dan prasarana pemadam di lingkungan rawan kebakaran.

"Ayo! Bersama kita #JagaJakarta." kata Anies.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto