Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:47wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Usai Divaksin, Presiden Jokowi Lantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

Rabu, 27-January-2021 10:03

Foto :
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru.

Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)  di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Pelantikan dimulai pukul 09.30 WIB, usai Jokowi menjalani vaksinasi kedua. Sigit dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan pada 27 Januari 2021.

Presiden Jokowi lalu mengambil sumpah jabatan atas Listyo Sigit sebagai Kapolri baru.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan berjanji dengan sungguh-sunggu, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi yang diikuti Sigit.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung Tribrata," lanjut Sigit masih mengikuti Jokowi.

Sigit lalu menandatangani berita acara pengangkatan sebagai Kapolri yang didampingi dua saksi, yakni Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Listyo Sigit ditunjuk Jokowi menggantikan Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari mendatang. Ia ditetapkan setelah melalui fit and proper test oleh Komisi III DPR 20 Januari lalu. 

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati