Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:55wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
TZ Pertanyakan Polri dan PPATK Soal Pemblokiran Rekening FPI: Masih Aman Menabung di Bank?

Minggu, 28-Maret-2021 11:30

Ilustrasi bank
Foto : Istimewa
Ilustrasi bank
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Wasekjen MUI) Tengku Zulkarnain mempertanyakan kepada polisi serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait adanya pemblokiran puluhan rekening bank.

Tengku menambahkan jika pemerintah memblokir rekening masyarakat tanpa alasan, apakah ini aman bagi warga yang menabung di bank.

Dia pun meminta bagi siapa pun bisa menjawab pertanyaannya terkait pemblokiran rekening bank.

"Polisi dan PPATK saling lempar tanggung jawab soal pemblokiran 92 rekening bank.Pertanyaan:

Apakah masih aman menabung uang di bank jika kita bukan bagian pendukung rezim ini...? Ada yang bisa jawab...?@PPATK @DivHumas_Polri," tulisnya seperti dilansir Jakarta, Minggu (28/3/2021).

Seperti diketahui, Ketua PPATK Dian Ediana Rae menyatakan PPATK punya kewajiban memeriksa transaksi keuangan milik FPI usai ditetapkan sebagai organisasi terlarang oleh pemerintah.

Ia mengatakan analisis keuangan bukan untuk memastikan tindak pidana transaksi keuangan. Sebab hasil analisis akan diberikan kepada aparat penegak hukum yang berwenang untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

FPI sendiri telah dibubarkan oleh pemerintah. Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani enam Kementerian dan Lembaga. SKB bernomor 220-4780 tahun 2020, Nomor M.HH-14.HH.05.05 tahun 2020, Nomor 690 Tahun 2020, Nomor 264 Tahun 2020, Nomor KB/3/XII/2020, Nomor 320 Tahun 2020 Tentang larangan kegiatan, penggunaan simbol dan atribut serta penghentian kegiatan Front Pembela Islam (FPI). 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sesmawati