Netral English Netral Mandarin
banner paskah
22:56wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Tips Merawat si Merah Aglonema

Sabtu, 10-April-2021 11:00

Siram sesekali aglonema Anda dengan air beras.
Foto : Media tanaman
Siram sesekali aglonema Anda dengan air beras.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dikenal sebagai tanaman yang tergolong punya harga, merawat aglonema sebenarnya tidaklah sulit. Namun, Anda harus berhati-hati, kebanyakan air bisa membusuk dan kekurangan air pun bisa rusak.

Aglaonema atau ratunya daun ini memang sedang banyak yang mencari. Pasal keindahan yang terpancar dari parasnya membuat Chinese Green, sebutan lain tumbuhan ini banyak dicari untuk dipelihara. 

Dilansir dari Channel Youtube Merawat Aglonema, berikut cara yang benar agar aglonema Anda tetap cantik meski diterpa hujan dan panas.

Menggunakan Media Tanam yang Subur dan GemburMedia tanam adalah bagian yang sangat menentukan proses pertumbuhan aglonema.Sehingga, media tanam yang digunakan harus gembur agar memudahkan penetrasi akar dan tunas aglonema.Selain itu, media tanam harus dibuat lebih subur agar mendapatkan nutrisi yang cukup untuk berkembang.

Ada 3 pilihan media tanam yang bisa Anda pilih :- Campuran tanah, cocopeat, arang sekam, dan kompos (1:1:1/2:1/2)- Campuran tanah, sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.- Campuran tanah, kompos, dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1.

Cukup Isi Media Tanam dengan Kondisi ½ Pot SajaTips selanjutnya agar aglonema bisa tumbuh tunasnya yaitu dengan mengisi pot hanya ½ bagian saja.

Media tanam yang penuh atau apabila aglonema ditanam dengan terlalu dalam akan menyulitkan proses tumbuhnya tunas aglonema.Meskipun ada kemungkinan untuk tumbuh, dibutuhkan waktu yang lama.

Siram Secara Berkala dan Secukupnya SajaSebaiknya aglonema tidak disiram terlalu sering karena bisa membuat akar cepat busuk dan akan memadatkan media tumbuh, apalagi jika Anda memberikan banyak air saat menyiramnya.Kondisi ini bisa membuat potensi kehilangan unsur hara semakin tinggi.

Anakan aglonema akan cepat tumbuh jika Anda menyiram secara berkala dengan air secukupnya atau hanya sekedar membasahi media tanam.

Gemburkan Media Tumbuh Setiap 2-4 Minggu Sekali

Media tumbuh perlu digemburkan agar aglonema cepat beranak atau muncul tunas.Media tumbuh yang gembur akan membuat sirkulasi udara di dalam tanah akan semakin bagus.Tunas aglonema akan lebih mudah tumbuh dan akan segera muncul ke permukaan.Anda bisa menggemburkan aglonema setiap 2/4 minggu sekali.

Lakukan secara perlahan agar tidak merusak akar dan bakal anakannya.Siram Dengan Air Beras Setiap 2 Minggu SekaliAir cucian beras bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.Aglonema akan mendapatkan kandungan unsur hara pada air cucian beras yang sangat baik untuk pertumbuhannya serta vitamin B1 untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan aglonema.Air cucian beras bisa disiram setelah menggemburkan media tanam terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk meletakkan aglonema di tempat yang tidak terkena sinar matahari tidak langsung atau di tempat yang teduh.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani