Netral English Netral Mandarin
17:34wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
7 Tips Kerja dari Rumah Selama Masih Pandemi

Selasa, 05-January-2021 20:15

Ilustrasi kerja dari rumah
Foto : Istimewa
Ilustrasi kerja dari rumah
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Semakin merebaknya wabah virus Corona atau COVID-19, kerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi salah satu pilihan yang harus diambil. 

Hashtag #DiRumahAja dan #WFH atau kerja dari rumah sudah mulai dilakukan oleh sebagian orang sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Langkah ini diambil ketika World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Demi memutuskan rantai penyebaran Covid-19 membuat beberapa perusahaan mulai menganjurkan untuk membatasi aktivitas yang berhubungan dengan banyak orang, sehingga disarankan untuk bekerja di rumah. 

Bekerja dari rumah (Work From Home) menjadi strategi untuk tetap produktif serta menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda. 

Tapi jangan salah artikan WFH, meski begitu, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Saat bekerja di rumah, bukan berarti terlalu bersantai dan tidak produktif seolah sedang libur.

Demi terhindar dari gangguan selama menjalani WFH, maka perlu sekali mempersiapkan diri agar segala kewajiban bisa diselesaikan dengan baik. Kamu harus memperhatikan beberapa tips kerja di rumah agar tetap produktif. Berikut tips yang dirangkum netralnews dari berbagai sumber:

1. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

​​​​Anda jangan berpikir bahwa ketika kerja di rumah maka suasananya pun bisa santai, seperti sambil berada di depan televisi. Hal tersebut tentu harus dihindari sejauh mungkin, karena itu akan mengakibatkan produktivitas Anda dalam bekerja menurun.

Usahakan persiapkan diri sebaik mungkin seperti halnya Anda sedang bekerja di kantor. Mandi pagi sebisa mungkin, sarapan, lalu membuat kopi atau teh untuk menemani kerja Anda nanti.

Membuat suasana seperti halnya di kantor, bisa meningkatkan produktivitas Anda saat harus kerja di rumah. 

2. Buat Suasana Rumah Seperti Kantor

Saat sedang berada di rumah, sebenarnya Anda dapat membuatnya menjadi seperti suasana kantor.

Anda bisa membuat kopi atau teh terlebih dahulu di pagi harinya, lalu siap menghadap laptop yang sudah ditaruh di atas meja. Jika perlu, Anda dapat menambahkan beberapa elemen lain supaya dapat membuat suasana kantor di rumah. Kamu bisa membeli bunga dengan potnya, lampu kerja, maupun hiasan kantor lainnya, kemudian ditaruh di rumah.

Dengan demikian, maka suasana kantor akan tercipta di rumah sehingga menambah produktifitas kerja Anda. 

3. Mengatur Jadwal

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika sedang kerja dari rumah adalah mengatur jadwal.

Ketika sedang bekerja di rumah tetapi kamu tidak mengatur jadwal sama sekali, biasanya Anda akan merasa bebas dan lupa terhadap pekerjaan Anda sendiri. 

Anda juga harus mengatur jam tidur dan bangun agar tidak kesiangan. Lalu jangan lupa mandi agar badan tetap segar sehingga siap untuk bekerja di rumah.

Setelah itu, perhatikan pekerjaan yang diberikan kepada kantor Anda pada hari itu. Atur jadwal dari jam berapa kamu akan bekerja, jam makan siang, dan jam berapa Anda akan berhenti kerja.Dengan hal tersebut, maka Anda akan merasa lebih bertanggung jawab sehingga tidak akan menunda pekerjaan Anda meski bekerja dari rumah. 

 

4. Fokus dan Hindari Kegiatan di Luar Pekerjaan

Anda harus tetap fokus pada pekerjaan yang utama saat sedang bekerja di rumah. Usahakan hindari kegiatan lain seperti kumpul bersama teman, main di luar rumah dan hal lainnya yang dapat mengganggu pekerjaan utama Anda.

Kalau perlu tuliskan hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu pekerjaan kamu agar Anda selalu mengingatnya.

Anda dapat melakukan kegiatan tersebut ketika pekerjaan kamu sudah selesai. Pasalnya, kegiatan di luar kerjaan sudah dipastikan akan membuat Anda menunda-nunda pekerjaan.

Bekerja di rumah memang seolah memberikan kebebasan untuk dapat mengerjakan segala pekerjaan sesuai keinginan sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa perlu ada perencanaan sendiri dalam menentukan waktu untuk bekerja, istirahat atau sekadar main smartphone. 

Penetapan waktu untuk bekerja ini termasuk salah satu solusi agar tetap berkomitmen dalam menyelesaikan semua tugas. Usahakan untuk tidak bermain smartphone atau gadget terlalu lama selama sedang bekerja karena ini menjadi salah satu gangguan saat WFH, sehingga produktivitas menurun.

Walau hanya berniat untuk membuka media sosial, namun usahakan durasinya terlalu lama dan membuat pekerjaan tidak selesai. 

5. Pilihlah Tempat Paling Nyaman di Dalam Rumah

Demi bisa produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan semangat, maka pemilihan tempat kerja juga perlu diperhatikan selama berada di dalam rumah. Selama WFH berlangsung, disarankan untuk memilih tempat kerja yang nyaman dengan pencahayaan yang cukup dan temperatur udara yang sejuk.

Usahakan untuk tidak bekerja di tempat tidur karena hanya akan membuat produktivitas menurun serta tidak fokus bekerja. Hindari juga bekerja di tempat publik untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluaskan. Tetaplah berada di dalam rumah serta pilih tempat yang benar-benar nyaman untuk bekerja.

Demi meningkatkan semangat dan tetap produktif bekerja, Anda bisa berpakaian layaknya sedang berada di kantor. Walau terlihat aneh dan lucu, namun cara ini dapat membantu meningkatkan kedisiplinan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Perlu diingat bahwa WFH menjadi solusi untuk bekerja, bukan bersantai seperti yang biasa dilakukan di rumah. 

6. Ambil Posisi Kerja yang Nyaman

Beberapa orang memang ada yang nyaman ketika bekerja di sofa maupun kasur sekali pun. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman ketika bekerja di atas kasur, maka sebaiknya hindari hal tersebut.

Sebab, ada juga beberapa orang yang justru malas-malasan bekerja di atas kasur. Bekerjanya hanya sebentar, lalu biasanya tidur-tiduran dan pada akhirnya justru menunda pekerjaan.

Hindari bekerja di atas kasur jika menimbulkan efek tidur. Anda bisa ambil posisi kerja senyaman mungkin, misalnya di meja belajar atau bahkan di rooftop rumah.

7. Jangan Lupakan Rehat Sejenak

Ketika Anda sudah berada di titik jenuh saat kerja di rumah, maka sebaiknya kamu keluar sebentar menghirup udara segar.

Berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit tentu dapat menyegarkan otak kamu. Selain itu, Anda juga bisa membeli camilan yang sekiranya dapat menunjang produktivitas Anda ketika bekerja nanti.

Setelah itu, tentu Anda harus kembali duduk dan menyelesaikan pekerjaan.

Demkian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas ketika sedang kerja dari rumah.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati