Netral English Netral Mandarin
banner paskah
03:19wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Tiga Cara Melepas Stiker Motor Tanpa Meninggalkan Bekas

Sabtu, 10-April-2021 21:30

Aksesoris stiker sering digunakan untuk mengubah penampilan pada motor.
Foto : motoblast.org
Aksesoris stiker sering digunakan untuk mengubah penampilan pada motor.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Salah satu aksesoris motor yang paling banyak digunakan adalah stiker. 

Jika anda bosan dan ingin mencoba sendiri untuk mengubah penampilan motor menggunakan stiker, anda tentu perlu tahu cara melepas stiker lama dengan benar agar tak menimbulkan bekas. 

Apa risikonya jika anda salah melepas stiker lama motor anda? Bisa saja body motor anda cacat atau rusak, dan harus dicat ulang. Tentu harus mengeluarkan biaya lagi.

Nah, jika ingin mencoba melakukannya sendiri, coba ikuti tiga cara untuk melepas stiker motor yang dibagikan Suzuki Indonesia di website resminya, seperti dikutip Sabtu (10/4/2021), yaitu:

Tips 1, Pakai Cairan PembersihCara melepas stiker motor yang pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih yang berfungsi untuk mengurangi tingkat kerekatan pada stiker terlebih dahulu. 

Siapkan juga hair dryer, air, kain lap, bahan poles motor, serta kain lap atau kanebo. Caranya yaitu: 

1. Semprotkan cairan pembersih

Semprot cairan pembersih ke area stiker dengan hati-hati. Fokus pada bagian stiker jangan sampai kena bagian body lainnya. Lap segera jika kena agar cairan tak merusak selain stiker. 

Tunggu sebentar sampai ujung stiker sedikit mengelupas.

2. Panaskan dengan hair dryer

Panaskan sampai muncul reaksi stiker mengkerut. Anda bisa melihat pada bagian ujung stiker yang mulai mengkerut dan mengangkatnya secara perlahan.

Stiker akan lebih mudah untuk ditarik ketika cairan tersebut dipanaskan. Apabila masih sulit, semprotkan kembali cairan pembersih tersebut dan panaskan kembali.

3. Bersihkan sisa lem

Setelah stiker terkelupas semua, bersihkan bekasnya dengan kain yang dibasahi air hangat dan gosokan secara lembut sampai bekas lem hilang.

4. Poles body motor

Terakhir adalah mengelap permukaan dengan bahan poles motor. Dengan begitu sisa lem akan terangkat dan tidak terlihat bekas stiker. Body motor pun jadi bersih tanpa bekas.

Tips 2, Menggunakan Bensin

Bagaimana bisa bensin digunakan untuk melepaskan stiker? Bukankah akan merusak cat pada body motor? Cat tidak akan rusak selama Anda menggunakannya dengan cepat.

Selain itu jenis bahan bakar yang digunakan harus beroktan tinggi, yaitu setidaknya 92 atau lebih. Karena oktan lebih tinggi akan semakin bagus dan stiker mudah dilepas. 

Prosesnya gampang dan tidak perlu dipanaskan, begini caranya

1. Melepaskan stiker

Celup kain ke dalam bensin oktan tinggi dan usapkan pada permukaan stiker untuk mengelupas lemnya. Setelah itu, tarik ujung stiker perlahan-lahan sampai semua stiker terangkat.

2. Membersihkan bekas stiker

Gunakan kain yang tadi sudah terkena bensin untuk menghilangkan bekas. Gosok tanpa harus ditekan berlebihan sampai seluruh lem terangkat dan hilang.

3. Mengelap permukaan body

Terakhir Anda bisa membersihkan permukaan body motor dengan kain kering yang bersih untuk menghilangkan semua sisa lem. Anda juga bisa memoles motor seperti trik yang pertama tadi.

Agar berhasil menggunakan cara ini adalah mengangkat stiker hanya dari ujung. Jangan melepas stiker dari tengah karena justru akan membuatnya sobek dan hasilnya tidak rapi.

Pastikan juga bahwa Anda menggosok kain yang sudah terkena bensin dengan lebih cepat agar cat tidak mengelupas atau bahkan hilang. Proses yang lebih cepat akan mengurangi risiko pengelupasan cat pada body motor.

Tips 3, Menggunakan Korek Api

Ada juga trik yang menggunakan korek api untuk melepaskan stiker. Namun sebaiknya berhati-hatilah dalam melakukannya agar motor tidak terbakar. Selain itu hindari menggabungkan cara dengan korek api dan melumuri stiker dengan bensin.

Untuk membuat stiker sedikit terangkat Anda bisa menggunakan air hangat saja sebagai ganti bensin dan cairan pembersih. Dengan begitu proses pengelupasan akan lebih aman dibandingkan cara sebelumnya.

Untuk langkah cara melepas stiker motor dengan korek api yang benar adalah sebagai berikut:

1. Membasahi stiker dengan air hangat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membasahi stiker agar mudah untuk dilepaskan. Air hangat adalah bahan yang tepat dan tidak merusak body motor sehingga tidak masalah jika mengenai bagian di luar stiker.

Cukup basahi area stiker dengan air hangat menggunakan kain. Tak perlu digosok atau dikelupas menggunakan benda tajam.

2. Mengelupas stiker

Cari salah satu ujung stiker untuk ditarik, kemudian angkat bagian tersebut agar mengelupas perlahan. Saat mengelupas, Anda bisa sambil sedikit memanaskan permukaannya dengan korek api.

Panas dari api akan melemahkan lem pada stiker sehingga mudah untuk dikelupas. Cukup dengan panaskan ke kiri kanan permukaan stiker sambil terus diangkat. Jarak antara korek api dengan stiker juga tidak boleh terlalu dekat agar body tidak memiliki bekas luka bakar.

3. Membersihkan bekas lem

Ketika stiker sudah terangkat maka yang tersisa adalah bekas lem. Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Minyak kayu putih ini akan menghilangkan bekas lem sampai bersih.

Cara menggunakannya, cukup dengan menuangkan minyak pada kain. Gosok pada bagian bekas lem sampai terangkat dan bersih. Karena menggunakan minyak, Anda tidak perlu khawatir cat akan mengelupas atau rusak.

4. Memoles dengan compound

Langkah terakhir agar body motor kembali seperti semula adalah dengan memoles permukaannya. Anda bisa memanfaatkan compound untuk memoles permukaan body motor hingga mengkilap.

Cukup usapkan sedikit compound pada body motor di area sekitar bekas stiker. Kemudian gosok sampai compound habis dan motor mengkilap. Supaya hasilnya lebih sempurna, Anda bisa menggunakan compound ke seluruh body motor.

Reporter :
Editor : Irawan HP