Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:49wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Tak Disangka, Ini 10 Manfaat Main Catur bagi Otak, dari Mempertajam Ingatan hingga Mencegah Panik

Selasa, 23-Maret-2021 09:00

Ilustrasi permainan catur.
Foto : Techno Buffalo
Ilustrasi permainan catur.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Baru-baru ini Indonesia tengah hangat memperbincangkan olahraga catur, hingga pertandingan antara Dewa Kipas alias Dadang Subur dengan Grand Master Irene Sukandar. 

Ternyata catur memang bukan olahraga biasa, meskipun kelihatannya tidak melatih fisik ternyata catur memiliki segudang manfaat. 

Berikut 10 manfaat dari bermain catur, dilansir dari laman Healthline, Selasa (23/3/2021):

1. Catur mengembangkan kemampuan untuk melihat dari sudut pandang orang lain 

Baca Juga :

Pemain catur akan terampil belajar mengantisipasi gerakan lawan selanjutnya. Untuk memprediksi apa yang akan dilakukan orang lain, pemain harus mengembangkan kemampuan untuk mengadopsi perspektif orang lain dan menyimpulkan tindakan apa yang akan mereka lakukan. 

Ilmuwan perilaku menyebut kemampuan untuk melihat dari sudut pandang lain ini sebagai "teori pikiran". Ini adalah kemampuan yang penting untuk melatih empati dan membangun hubungan sosial yang sehat.

Sebuah studi 2019Trusted Source menemukan bahwa catur mengembangkan kemampuan mengambil perspektif ini pada anak-anak yang berlatih catur.

2. Catur meningkatkan daya ingat 

Mungkin tidak mengherankan mengetahui bahwa pecatur ahli memiliki keterampilan memori yang kuat. Bagaimanapun, olahraga ini melibatkan menghafal berbagai kombinasi gerakan dan hasil potensial mereka. 

Menarik juga untuk dicatat bahwa pecatur berpengalaman menunjukkan kinerja yang lebih tinggi terkait dengan jenis ingatan tertentu: memori auditori. Ini adalah kemampuan untuk mengingat apa yang telah Anda pelajari melalui pendengaran. 

Dalam satu percobaan, peneliti membandingkan kemampuan mengingat pemain catur ahli dengan orang yang tidak memiliki pengalaman bermain catur. Mereka menemukan bahwa pecatur jauh lebih baik dalam mengingat daftar kata yang pernah mereka dengar daripada orang yang belum pernah bermain catur. Pemain catur yang terampil juga memiliki kemampuan yang lebih baik daripada rata-rata untuk mengingat dan dengan cepat mengenali pola visual.

3. Catur meningkatkan kecerdasan 

Orang dengan banyak pengalaman bermain catur memiliki kemampuan berpikir yang sangat berkembang di dua area (selain kemampuan memori): Kecerdasan fluida. Ini adalah kemampuan untuk mempertimbangkan jenis masalah baru dan menggunakan penalaran untuk menyelesaikannya. 

Kedua, kcepatan pemrosesan. Ini adalah kemampuan untuk dengan cepat memahami tugas dan merespons tantangan secara efisien. Sebuah meta-analysisTrusted Source tahun 2017 menunjukkan bahwa kedua bentuk kecerdasan ini ada pada para master catur. 

4. Catur memungkinkan Anda memasuki kondisi "Arus Mengalir"

Ini terkait dengan keterlibatan total, di mana Anda beroperasi pada tingkat kinerja puncak dalam tugas yang menantang. Mereka begitu terfokus pada tugas yang ada sehingga kesadaran mereka tentang apa pun di luar penampilan tampaknya menghilang. 

Peneliti mempelajari aktivitas otak dan mencatat bahwa gelombang theta meningkat dalam electroencephalograms (EEGs) yang diambil ketika orang berada dalam keadaan mengalir.

Penelitian telah menunjukkan tingkat gelombang theta yang sama tinggi dalam pemindaian otak pemain catur berpengalaman selama pertandingan catur yang semakin sulit.

5. Catur meningkatkan kreativitas

Peneliti di sebuah sekolah di India menguji kemampuan berpikir kreatif dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih bermain catur, dan kelompok lainnya tidak. 

Tes tersebut meminta siswa untuk menemukan penggunaan alternatif untuk item umum dan untuk menafsirkan pola dan makna dalam bentuk abstrak. 

Siswa yang bermain catur mendapat nilai lebih tinggi pada tes. Peneliti menyimpulkan bahwa catur meningkatkan kemampuan siswa untuk melatih pemikiran yang berbeda dan kreatif.

6. Catur menghasilkan keterampilan perencanaan yang lebih baik 

Permainan catur dikenal untuk periode kontemplasi diam yang lama, di mana pemain mempertimbangkan setiap gerakan. Pemain menghabiskan waktu mengantisipasi tanggapan lawan mereka dan mencoba memprediksi setiap kemungkinan. 

Kebiasaan pikiran itu, perenungan dan perencanaan yang cermat, adalah salah satu manfaat kesehatan kognitif dari bermain catur.

Kelompok yang rutin bermain catur menunjukkan keterampilan perencanaan yang jauh lebih baik daripada kelompok yang tidak bermain catur. Juga, orang-orang dalam kelompok catur menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat keputusan selama ujian.

7. Catur dapat membuat terapi menjadi lebih efektif 

Beberapa konselor dan terapis bermain catur dengan klien sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran diri dan membangun hubungan terapeutik yang lebih efektif. Dianggap sebagai strategi terapi kreatif, catur memungkinkan Anda untuk melihat reaksi Anda terhadap stres dan tantangan yang muncul selama pertandingan. 

8. Catur menawarkan perlindungan terhadap perkembangan demensia 

Dalam tinjauan penelitian tahun 2019, para ilmuwan menemukan bahwa tuntutan catur fleksibilitas mental yang kompleks dapat membantu melindungi orang tua dari demensia. Peneliti menemukan bukti bahwa permainan, yang menantang ingatan, kalkulasi, keterampilan visual-spasial, dan kemampuan berpikir kritis, dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan menunda efek demensia seiring bertambahnya usia.

9. Catur dapat memperbaiki gejala ADHD 

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan 100 anak usia sekolah dengan gangguan ttention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), para peneliti memasukkan permainan catur secara teratur dalam pendekatan pengobatan multi-segi. 

Pelajar yang berpartisipasi dalam metode pengobatan ini mengalami penurunan 41 persen dalam hal kurangnya perhatian dan aktivitas berlebihan setelah menjalani pengobatan. 

10. Catur elektronik dapat membantu mencegah serangan panik 

Belum ada penelitian berskala besar yang mendukung penggunaan aplikasi catur untuk membantu mengurangi gejala serangan panik. Dalam sebuah studi kasus tahun 2017, seseorang yang mengalami serangan panik dapat menggunakan aplikasi catur elektronik untuk meningkatkan rasa tenang dan mencegah serangan panik. 

Kunci suksesnya adalah menemukan tingkat tantangan yang tepat untuk menyibukkan perhatiannya dan mengalihkan perhatiannya dari perasaan yang tidak menyenangkan. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP