Netral English Netral Mandarin
banner paskah
03:26wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Ternyata Ini Segudang Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil

Selasa, 20-April-2021 05:00

Menjalankan puasa meski lagi hamil ternyata banyak manfaatnya.
Foto : freepik.com
Menjalankan puasa meski lagi hamil ternyata banyak manfaatnya.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Puasa Ramadan wajib dijalankan oleh umat Islam yang sudah akil baligh. Namun, ada beberapa pengecualian yang diberikan kelonggaran untuk tidak ikut berpuasa, antara lain ibu hamil dan menyusui dengan syarat dan kondisi tertentu. 

Namun, penting untuk diketahui, ketika usia janin masih dalam trimester pertama, maka disarankan untuk tidak dulu melakukan puasa. Sebab, pada usia kandungan tersebut, janin membutuhkan banyak asupan makanan yang bergizi demi perkembangannya. 

Lalu, setelah melewati trimester pertama, apakah itu berarti ibu hamil bebas untuk berpuasa? Apakah memang ada efek negatif dari puasa terhadap janin yang dikandungnya?

Nah, yang paling utama adalah, berpuasa untuk ibu hamil harus dengan konsultasi ke dokter kandungan. Meski begitu, jika sudah diizinkan, ternyata berpuasa untuk ibu hamil punya beberapa manfaat loh, simak informasi berikut seperti dilansir dari berbagai sumber; 

1. Mengontrol berat badan 

Saat sedang hamil, biasanya nafsu makan bertambah, karena si ibu tak hanya memberi makanan untuk diri sendiri, tapi juga janin di dalam perutnya.  Ibu hamil memang sering kali merasa lebih cepat lapar, sehingga bisa meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan yang drastis. 

Jika berpuasa, tentu makanan yang masuk pun akan terkontrol, hanya pada saat sahur dan berbuka saja. Maka hal ini akan menjadi baik dalam konteks usaha menjaga bobot agar tidak terlalu banyak bertambah. 

2. Memperbaiki metabolisme tubuh 

Di saat berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Tentu ini baik untuk tubuh, yang mana sebelumnya mungkin proses metabolisme dalam tubuh sedikit terganggu. 

3. Mengurangi risiko diabetes 

Ibu hamil biasanya mengalami "ngidam" dan mempunyai keinginan terhadap suatu makanan, secara berlebih. Bisa saja, makanan tersebut mengandung banyak gula yang dapat menaikkan risiko terkena diabetes. 

Pada saat berpuasa, terjadi penurunan kadar gula darah dalam tubuh dan peningkatan kinerja insulin. Ini terjadi karena tubuh yang memanfaatkan gula yang disimpan di dalam hati dan otot untuk menghasilkan energi selama berpuasa. 

4. Menjaga kesehatan jantung 

Dengan berpuasa, ibu hamil pun menurunkan risiko penyakit jantung. Sebagai catatan, ingatlah untuk tidak memaksakan diri berpuasa bila kondisi ibu hamil atau janin tidak memungkinkan. Selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan berpuasa saat hamil.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP