Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:48wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Ternyata Anak Cynthia Lamusu Alami Kinestetik, Artinya…..

Sabtu, 03-April-2021 11:40

Cynthia Lamusu dan Bima.
Foto : Instagram
Cynthia Lamusu dan Bima.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Lahir dengan riwayat kondisi prematur berat 1,2 kg sempat turun jadi 900 gram, dan pernah jadi pejuang Nicu selama 33 hari sebelum akhirnya Bima bisa pulang ke rumah dan berkumlpul dengan papa mama, kakak Tatjana dan semua keluarga.

Demikian ungkapan yang ditulis anggota B3, Cinthya Lamusu mengenai tumbuh kembang putranya. Cynthia Lamusu (41) butuh perjuangan untuk membesarkan anak kembar mereka, yang lahir prematur medio 29 November 2016.

Tiga tahun berjalan, Cynthia Lamusu mengaku harus rutin melakukan pengecekan untuk kedua anaknya, yakni Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra.

“Pengalaman yang tak pernah kami lupakan begitu pun tumbuh kembang kedua kembar kami. Dari awal dokter sudah memberitahukan kalau kami sebagai orag tua harus ekstra merawat anak-anak kami, mulai dari asupan makanannya sampai stumuliasi sumulasi yangdiberikan ke mereka,” tutur Cynthia, di Instagramnya, Jumat, (2/4/2021).

Menurut Cynthia, Tatjana berjalan di usia 13 bulan, Bima berjalan di usia 16 bulan. Begitupun saat berbicara, Tatjana berbiacara di usia 15 bulan, Bima baru bisa bicara pada 19 bulan. 

“Sempat kami khawatir pekembangan Bima, dan akirnya memtuuskan untuk konsultasi ke dokter. Bima dinyatakan tak ada masalah hanya saja kami harus merlatih fokusnya dengan terapi SI dan memperlancar bicaranya dengan terapi wicara. Dokter sempat bmeberitakan kami saran untuk Bima yang masuk dalam kategori anak kinestetik yang ternyata pola belajarnya beda dnegan apa yang kami terapkan unik Tatjana sebab awalnya kami samakan.”

Jadi Bima cara belajarnya harus dengan suasana belajar sambil bemain, tidak bisa dipaksa harus agak heboh sambil beraktivitas lebih bagus dan tak bisa hanya duduk manis saja.

KinestetikSebenarnya apa kinestetik tersebut?  Ciri khas yang dapat dengan mudah kita lihat pada anak – anak adalah kesukaan mereka untuk bergerak dan tampak tidak bisa diam. Bahkan beberapa anak terlihat lebih aktif jika dibandingkan dengan anak lain seusianya, dan tampaknya mereka susah untuk duduk diam. 

Anak yang aktif ini biasanya akan mengeksplorasi sekelilingnya, terlebih jika ia berada di dalam lingkungan atau suasana yang baru. Ketika sudah terbiasa, mereka pun dapat menjadi tenang dengan sendirinya.

Hal ini sering membuat orang tua khawatir, memikirkan anaknya tidak dapat bersikap tenang untuk waktu yang lama. Namun tahukah Anda, bahwa keaktifan anak itu bisa jadi merupakan sesuatu yang positif? Anak yang aktif kemungkinan memiliki kecerdasan kinestetik yang tinggi. 

Hal ini bukanlah suatu kekurangan, melainkan hanya menunjukkan bahwa anak mengekspresikan dirinya dengan melalui gerakan. Pada anak yang aktif, kecerdasan fisiknya lebih unggul dibandingkan dengan anak lainnya sehingga ia menikmati setiap gerakan yang dilakukan.

Orang yang memiliki kecerdasan kinestetik akan menunjukkan minat dan bakat tertentu yang sesuai dengan kemampuannya. Anda dapat memahami lebih jauh melalui pengertian minat menurut para ahli dan pengertian bakat menurut para ahli. 

Dilansir dari laman Psikologi, inilah makna kinestetik dari para ahli.

ArmstrongMenurut Armstrong, kecerdasan kinestetik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya untuk mengekspresikan ide dan perasaan, serta keterampilan menggunakan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu. Yang dimaksud kecerdasan kinestetik berarti berpikir dengan menggunakan tubuhnya, yang ditunjukkan dengan ketangkasan tubuh untuk memahami perintah dari otak. 

Hal ini mengarah pada sejumlah kemampuan fisik yang lebih spesifik, seperti kemampuan koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan serta kemampuan menerima rangsangan (disebut juga dengan proprioceptive) dan beberapa hal yang berhubungan dengan sentuhan (disebut juga dengan tactile dan haptic). Ketahuilah juga 4 karakter manusia, yaitu diantaranya tipe kepribadian melankolis dan karakter phlegmatis.

GardnerSedangkan menurut Howard Gardner, kecerdasan kinestetik adalah saat dimana kita mampu menggunakan gerakan – gerakan yang bagus, seperti berlari, menari, membangun sesuatu seperti seni atau kerajinan tangan. 

Kecerdasan kinestetik adalah salah satu dari delapan teori Multiple Intelligence atau delapan macam – macam kecerdasan yang dikemukakan oleh Gardner, dan masing – masing kecerdasan tersebut dapat berdiri sendiri terpisah dari yang lainnya. Itu berarti, jika memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi pada satu hal, tidak berarti pada bidang kecerdasan lainnya juga berlaku hal yang sama.

Jenis Kecerdasan KinestetikOrang yang memiliki kecerdasan kinestetik akan belajar dengan paling baik apabila mereka diijinkan untuk menggunakan pergerakan motoriknya sebagai bagian dari proses belajar. Meraka seringkali lebih memilih terlibat langsung dalam praktek menggunakan materi tertentu daripada belajar dari buku. 

Murid – murid dengan kecerdasan kinestetik dapat mengerti jauh lebih mudah ketika mereka terlibat secara aktif pada suatu praktek secara langsung. 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani