Netral English Netral Mandarin
banner paskah
03:20wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Tepatkah Melakukan Puasa untuk Menurunkan Berat Badan?

Minggu, 18-April-2021 17:30

Olahraga untuk menurunkan berat badan.
Foto : musclleandfitness.com
Olahraga untuk menurunkan berat badan.
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam di bulan Ramadan. Namun banyak yang memanfaatkan momen puasa Ramadan ini untuk sekaligus diet atau menurunkan berat badan bahkan membersihkan tubuh dari racun.

Dalam hakikatnya, puasa adalah menahan hawa nafsu baik lapar maupun haus selama 12-13 jam sehari. Di zaman yang terus berkembang puasa bisa digunakan untuk kepentingan medis dan diawasi oleh dokter.

Namun tepatkan melakukan puasa untuk menurunkan berat badan?

Puasa membuat seseorang mengurangi asupan kalori secara drastis dan secara tidak langsung akan menurunkan berat badan. Namun hal itu juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lain seperti kehilangan massa otot. Apabila tidak diimbangi dengan olahraga maka tubuh akan bekerja lamban memengaruhi pembakaran kalori.

Saat puasa berat badan mengalami penurunan karena tubuh hanya kehilangan cairan dan lemak masih berada di dalam tubuh. Maka dari itu saat Anda berbuka puasa maka berat badan akan kembali sedia kala.

Namun tidak semua orang mengalami hal yang serupa, sebagian orang mengalami kenaikan berat badan karena metabolisme dalam bekerja lambat. Hal ini menyebabkan orang bisa bertambah berat saat puasa.

Di awal-awal, puasa mungkin juga memberikan efek samping seperti pusing, gula darah rendah, nyeri otot, lemah dan merasa kelelahan. Puasa dalam jangka waktu lama juga mengakibatkan anemia, daya tahan tubuh menurun, masalah hati dan ginjal serta detak jantung tidak teratur. Tidak hanya itu, tubuh juga akan kekurangan vitamin dan mineral, kerusakan otot hingga diare.

Para ahli gizi sepakat bahwa puasa tidak terlalu efektif untuk menurunkan berat badan bahkan berpotensi berbahaya untuk tubuh.

Alih-alih puasa, lebih baik memilih rencana makanan sehat dan pola hidup yang sehat untuk mendapatkan berat badan ideal. Anda bisa memilih diet sehat jangka panjang dengan menyediakan 1.200 kalori setiap harinya.

Siapkan buah, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, protein tanpa lemak, dan lemak sehat tersaji di menu diet Anda. Jangan lewatkan untuk berolahraga atau aktivitas fisik agar berat badan turun lebih optimal.

Jadi Anda perlu 'mencoret' puasa sebagai salah satu metode diet demi menurunkan berat badan. Alih-alih mendapatkan berat badan ideal, Anda tidak bisa khusyuk menjalan ibadah di bulan Ramadan.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP