Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:10wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Daftar Tempat Liburan Wisata Batu untuk Awal Tahun

Sabtu, 02-January-2021 05:00

Kampung warna hadir di kota Batu
Foto : Wisata Malang
Kampung warna hadir di kota Batu
15

MALANG, NETRALNEWS.COM - Kota Batu bukan hanya dikenal dengan wisata agronya yang terkenal yakni wisata apel. Banyak tempat asik yang bikin Anda betah dan ingin kembali lagi ke kota Batu, Malang.Hanya yang sejuk, makanan yang serba murah serta tentu saja oleh-oleh aneka keripik buah makin menambah kenikmatan saat Anda dan keluarga berlibur mengawali tahun baru ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar tempat liburan wisata Batu untuk awal tahun 2021.

1. Sengkaling Water Park

Sengkaling Water Park merupakan salah satu tempat wisata malang yang asik untuk dikunjungi bersama keluarga.Taman rekreasi ini memiliki luas sebesar 9 hektar dipenuhi oleh berbagai wahana bermain dan pohon-pohon rindang.

Tempat ini menyediakan kurang lebih 8 wahana bermain air diantaranya wahana kapal misteri bajak laut, kolam Pesona Tirta Alam, kolam Pesona Tirta Sari, kolam Pesona Primitif, kolam Cumi-cumi, juga ada wahana lainnya seperti Outbound, wahana taman bermain, dan wahana Edukasi Taman Satwa.Sengkaling Water Park berada di kota malang tepatnya JL Raya Mulyoagung No 188, jetis, Kec. Dau.

2. Kampung Warna Jodipan

Kampung jodipan awalnya merupakan pemukiman biasa yang disulap oleh beberapa mahasiswa menjadi lokasi wisata kota malang yang menarik. Kampung warna-warni ini menarik minat wisatawan untuk jadi spot foto yang menarik.

Selain pemandangan perkampungan yang tidak biasa, Andajuga bisa menemukan berbagai kerajinan tangan dan wisata kuliner yang menarik di tempat ini.Penasaran seperti apa kampung Warna Jodipan? Langsung saja kunjungi tempatnya di desa Jodipan Kecamatan Blimbing kota Malang.

3. Museum Malang Tempo Doeloe

Museum ini awalnya dibangung dengan misi menyekamatkan berbagai artefak dan benda-benda bersejarah lainnya di Malang.

Jika Anda suka dengan wisata sejarah, maka tempat ini wajib untuk dikunjungi. Desain interior Museum Malang Tempo Doeloe menggunakan tema-tema yang berhubungan dengan sejarah di Malang seperti arkeologi, Matraman Kuno, Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singasari, Pertapaan Ken Arok, serta Benteng Malang.

Selain melihat benda-benda bersejarah, Anda juga dapat menemukan berbagai koleksi foto-foto malang jaman dahulu dari mulai era pendopo kabupaten malang, masa penjajahan, sampai peresmian Alun-alun tugu oleh presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

4. Rimba Raya Bee Farm

Tertarik mencoba kegiatan memanen madu? Di kota Malang ada tempat khusus untuk pengunjung yang tertarik mempelajari bagaimana pola hidup lebah sampai cara mengembangbiakan tawon atau  lebah.

Selain mendapat wawasan mengenai lebah dan tawon, Anda juga bisa merasakan pengalaman memetik madu langsung dari  sarangnya.Tempat ini juga menyediakan berbagai produk madu seperti madu murni, royal jelly, bee pollen, dan propolis.

5. Museum Angkut

Malang tidak hanya terkenal karena segudang wisata alamnya, tetapi  juga memiliki berbagai wisata edukasi seperti museum.Salah satu museum yang jangan sampai terlewatkan ketika berkunjung ke Malang adalah Museum Angkut.

Museum uni memiliki puluhan koleksi transportasi tradisional hingga modern, dan koleksi terbarunya mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan (mantan menteri yang mengalami kecelakaan di lereng gunung Magetan).Tempat tidak hanya menambah wawasan tapi juga instagramable karena memiliki banyak spot-spot foto menarik.

6. Jatim Park

Wisata malang yang sangat populer lainnya adalah Jatim Park satu dan Jatim Park dua. Tempat ini merupakan taman rekreasi sekaligus taman bermain yang terletak di kawasan kota Batu.

Tempat ini menjadi ikonik wisata malang karena memiliki puluhan wahana bermain bertemakan sejarah diantaranya kolam renang raksasa, drop zone dan spinning coaster.Ada juga wahana edukasi seperti Volcano, Galeri Nusantara, berbagai diorama binatang langka, miniatur candi dan tanaman argo.

7. Kampung Tridi (3D)

Selain kampung warna-warni Jodipan, malang memiliki destinasi wisata perkampungan lainnya yang tidak kalah unik yaitu kampung Tridi (3D).Di tempat ini kamu dapat menemukan banyak spot foto menarik yang tentunya sangat instagramable.Beberapa spot foto tiga dimensi yang bisa Anda temukan  seperti lukisan tiga dimensi, gambar tematik, pijakan batu yang mengapung, dan jembatan kaca.

8. Omah Kayu

Destinasi hits pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Omah Kayu ini. Tempat ini sebenarnya adalah penginapan dengan bertemakan rumah pohon. Buat kamu yang ingin merasakan sensasi tidur di rumah pohon, Omah Kayu ini merupakan pilihan yang tepat!

Selain itu, Anda akan dimanjakan dengan view alam bebas 1.000 meter dari atas permukaan laut ditemani dengan semilir angin. Bayangkan rasanya menikmati pemandangan indah kota Malang dari atas pohon dengan sensasi berbeda.Buat kamu yang tertarik untuk mengunjunginya silakan datang ke daerah Batu Malang Jawa Timur tepatnya di sekitar wisata olahraga palarayang, Gunung Banyak. Cukup bayar Rp 5.000,- saja kamu bisa duduk-duduk santai di atas pohon.

9. Pantai Balekambang

Pantai Kalau di Bali ada Tanah Lot, di Malang ada Pantai Balekambang. Yap, ini dia salah satu pantai terpopuler di Jawa Timur, tepatnya terletak di Desa Srigonco, Keindahan yang ditawarkan pantai ini begitu menggoda untuk Anda ikut bermain air di sini.

Air laut biru jernih dan bersih disertai desiran ombak akan menyambut kedatangan Anda dan keluarga. Yang menambah keeksotisan Pantai Balekambang adalah adanya

Pura Luhur Amertha Jati yang megah dan dihubungkan dengan sebuah jembatan.Selain itu sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi dengan jejeran pulau-pulau, mulai dari Pulau Wisanggeni, Pulau Anoman, dan Pulau Ismoyo. Nggak asing dengan nama-nama pulau tersebut?

Yap, karena nama pulau itu diambil dari karakter pewayangan. Buat kamu yang tertarik kesini, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,-  per orang.

10. Batu Night Spectacular

==Malang_batu_ nightlife.jpeg==

Saat malam hari menjelang bukan berarti wisatamu di kota Malang bisa berhenti. Anda tetap bisa menikmati wisata malam dengan berkunjung ke Batu Night Spectacular atau biasa disingkat dengan BNS.

Tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo 200, Batu, Malang ini sering menjadi target para wisatawan baik lokal maupun luar. Tempat rekreasi ini bisa dikatakan sebagai Dufannya Malang, karena terdapat beragam macam wahana yang siap menguji adrenalin kamu.Batu Night Spectacular ini cocok jadi tempat wisata untuk keluarga, karena terdapat wahana khusus untuk anak-anak sampai orang dewasa. Salah satu wahana yang sayang kalau dilewatkan adalah Taman Lampion, di sini kamu akan dimanjakan dengan deretan lampion-lampion yang luar biasa indah.

11. Jatim Park 2

Masih tergabung dalam Jatim Park Group, ada juga Jatim Park 2. Jatim Park 2 ini menawarkan konsep modern zoo, di dalamnya terdapat banyak koleksi hewan dari berbagai negara di dunia yang bisa Anda lihat.Bukan hanya hewan yang masih ada saat ini, hewan purba yang telah punah pun bisa Anda jumpai di sini. Sehingga tak hanya liburan, Anda pun bisa mengajak anak-anak belajar banyak hal dari tempat wisata Jatim Park 2 ini.

12. Jatim Park 3

Mulai dari wisata yang masih terbilang baru, yaitu Jatim Park 3. Tempat wisata buatan Jatim Park Group ini, baru resmi dibuka tahun 2017 lalu. Dengan mengambil tema taman dinosaurus untuk spot utamanya. Di dalam Dino Park, Anda akan dibawa ke zaman dimana masih terdapat dinosaurus. Taman ini dilengkapi dengan area Dino Park nuansa Timur Tengah, Zaman Ice Age, dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah puas dengan zaman purbakala, Anda bisa berkunjung ke wahana Fun Tech. Wahana satu ini akan mengajak Anda ke zaman modern. Disini Anda dapat merasakan bermain game futuristic dengan menggunakan teknologi terbaru seperti Virtual Reality. Jadi, seakan-akan Anda ikut bermain di dalam game tersebut. Tak hanya itu saja, masih banyak bagian dari Jatim Park 3 ini yang bisa Anda jelajahi dan nikmati keseruannya selama satu hari penuh.

13. Predator Fun Park

Objek wisata yang berada di Batu Malang di bawah Jatim Park Group lainnya, yaitu Predator Fun Park. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini mengusung tema predator terutama buaya. Anda bisa menemukan galeri buaya yang berisi berbagai jenis dan ukuran.Tidak hanya buaya hidup saja, tapi juga fosil buaya, serta buaya yang telah diawetkan. Ditambah, beberapa fasilitas yang disediakan di sini pun cukup lengkap. Seperti pasar wisata, mushola, food court, dan bike station.

14. Eco Green Park

Eco Green Park merupakan wisata edukasi yang sangat cocok untuk wisata keluarga. Di destinasi wisata ini sedikitnya terdapat lebih dari 10 zona. Antara lain zona walking bird, zona music plaza, zona animal farm, zona duck kingdom, zona jungle adventure, zona world parrots, zona insectarium, dan zona rumah terbalik.Ada juga zona memerah susu sapi, dimana akan ditunjukkan demonya terhadap 2 jenis sapi perah yang didatangkan langsung dari Australi

14. Omah Kayu Paralayang

Omah Kayu Paralayang adalah salah satu objek wisata yang sangat ramai dikunjungi wisatawan. Pada destinasi ini, Anda bisa mendapatkan 2 objek wisata sekaligus yaitu Omah Kayu dan Bukit Paralayang. Mengusung konsep back to nature, Omah Kayu meyediakan rumah pohon mini di atas pohon pinus. Kapasitas maksimal dari masing-masing rumah ini adalah 3 orang. Di depannya, terdapat bangku kayu yang bisa Anda gunakan untuk bersantai menikmati hawa sejuk perbukitan.

Sedangkan Bukit Paralayang, merupakan salah satu spot yang berada di samping Omah Kayu. Di sini Anda dapat merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang, dengan didampingi oleh instruktur yang sudah ahli di bidangnya. Dijamin, Anda akan ketagihan melihat indahnya Kota Batu sembari menaiki paralayang tersebut. Terdapat juga beberapa spot foto instagramable di destinasi wisata ini yang bisa Anda nikmati.

15. Selecta

Bagi masyarakat asli Batu, mungkin Selecta adalah tempat wisata yang sudah tidak asing lagi. Tempat wisata ini memang sudah ada sejak jaman Belanda, dan tidak kalah ramai dikunjungi pengunjung.

Selecta kini sudah semakin membaik dengan banyaknya penambahan fasilitas di sana. Selain taman bunga yang indah, Anda juga bisa menikmati kereta gantung, flying fox, naik kuda, kolam renang, dan lain sebagainya.

16. Air Terjun Coban Condo

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang berada di Batu Malang. Air terjun ini sudah lama terkenal sebagai objek wisata alam di Malang. Akses jalannya pun juga cukup mudah untuk dilalui oleh semua jenis kendaraan.Kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan yang masih alami. Tidak hanya itu saja, di area sebelum air terjun kini dibangun fasilitas permainan seperti Outbond, Shooting Target, Labirin, dan masih banyak lainnya.

17. Kaliwatu Rafting

Jika Anda penyuka kegiatan yang memicu adrenalin, maka Anda wajib mencoba wisata Kaliwatu Rafting. Destinasi ini berada di daerah Bumiaji, Batu. Sungai untuk rafting di Kaliwatu memiliki arus yang cukup deras dengan banyak bebatuan. Memiliki jarak tempuh sepanjang kurang lebih 7 km dan durasi sekitar 2 jam, Anda akan mengarungi derasnya arus sungai tersebut. pemandangan tumbuhan hijau yang menyegarkan akan menemani Anda sepanjang perjalanan.

Reporter : Sulha
Editor : Widita Fembrian