Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:27wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Tempat Menginap Keren di Sekitar Borobudur

Kamis, 11-Maret-2021 20:00

 Tempat Menginap Keren di Sektiar Borobudur
Foto : Joglo
Tempat Menginap Keren di Sektiar Borobudur
21

MAGELANG, NETRALNEWS.COM - Memandangi Gunung Sumbing sambil menyeruput kopi dari Lembaj Posong, Temanggung, saat pagi hari tentu memiliki keasyikan tersendiri.

Jika Anda kebetulan sedang berlibur di sekitar kawasan Jawa Tengah, tak perlu khawatir mencari tempat penginapan. Netralnews mencoba memberikan rekomendasi tempat menginap keren yang langsung bernuansa alam di sekitar Borobudur.

Tempat menginap di balai ekonomi desa Wanurejo. (Dok:NNC/Sulha)

Balkondes

Sedikitnya ada 20 Balkondes yang antara lain membawahi usaha homestay. Dua di antaranya sudah masuk dalam kategori sangat siap, yakni Balkondes Karangrejo dan Wanurejo.

Balkondes-balkondes itu mendapat bimbingan pelatihan dan pengawasan dari BUMN-BUMN.Karangrejo Ini salah satu Balkondes yang sudah tertata rapi, bersih, dan cantik, layaknya hotel. dengan harga mulai Rp500 ribu. Terletak sekitar 3 km dari Candi Borobudur.

Suasana pedesaan sangat terasa, terutama di malam hari saat rumah-rumah bertabur lampu dengan suasana tenang dan udara semilir. Restoran di Balkondes menyediakan menu bervariasi. Jika ingin berpetualang dengan sepeda, delman, jeep, mau pun VW, pengelola Balkondes akan membantu memfasilitasi.

Omah Mbudur yang asri. (Dok:NNC/Sulha)

Desa Wanurejo juga punya homestay yang sudah tertata. Desa ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Selain homestay cantik yang dikenai Rp450.000/malam, Balkondes Wanurejo dilengkapi dengan kafe, pendopo serbaguna, dan lapangan luas untuk aktivitas outbond.

Jika datang berombongan dan ingin beraktivitas, pengelola Balkondes akan memfasilitasi, mulai dari bersepeda, naik andong/delman, petualangan dengan jeep, VW, belajar tari, gamelan, atau mencoba beragam permainan tradisional.

Hotel dan Resort

Hotel dan Resort juga bertebaran di kawasan seputar Borobudur. Di antaranya Hotel Plataran Borobudur dan Plataran Resort & Spa. Keduanya menawarkan kenyamanan, kelengkapan fasilitas, dan latar pemandangan cantik Candi Borobudur dan deretan pegunungan.

Ragam Aktivitas

Apa saja yang bisa dilakukan di desa-desa seputar kawasan Borobudur? Banyak aktivitas menarik, mulai dari mengikuti kegiatan masyarakat sekitar, menikmati seni, belajar seni kriya, sampai paket wisata yang memanfaatkan sepeda, delman, mobil VW dan jeep.

Menikmati Seni & Kriya

Bisa dikatakan, Borobudur surganya seni. Di kawasan itu bertebaran galeri-galeri seni lukis hingga instalasi yang asyik ditelusuri. Banyak juga omah-omah (rumah-rumah) yang menawarkan nuansa tradisional lengkap dengan paket kuliner dan aktivitas kerajinan, di antaranya Omah Mbudur yang terletak di Dusun Jowahan Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Menelusuri desa sekitar Borobudur dengan mengendarai VW.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani