Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:51wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Teddy: Yang Jadi Masalah Bukan Sidang Online atau Offline, tapi Sikap Rizieq Cs Dalam Sidang

Rabu, 24-Maret-2021 22:50

Habib Rizieq Shihab menjalani sidang lewat tayangan live streaming dari ruangan di Bareskrim Polri
Foto : Istimewa
Habib Rizieq Shihab menjalani sidang lewat tayangan live streaming dari ruangan di Bareskrim Polri
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Pakar Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Teddy Gusnaidi mengomentari keputusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) mengabulkan permohonan terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS) dan tim kuasa hukumnya yang meminta agar persidangan digelar secara langsung atau offline di PN Jaktim.

Menurut Teddy, sidang online atau offline bukanlah sebuah persoalan karena intinya Rizieq tetap disidangkan atas berbagai kasus yang menjeratnya.

Namun, lanjut Teddy, yang menjadi masalah adalah sikap Rizieq dan tim kuasa hukumnya dalam persidangan. Ia menilai, Rizieq cs harus diproses hukum karena sikap mereka diduga masuk dalam kategori tindak pidana.

"Mau sidang offline ataupun online, itu gak masalah, karena tetap aja sidang. Tapi sikap Rizieq cs dalam sidang kemarin itu, tentu harus diproses juga, karena diduga kuat masuk dalam kategori tindak pidana," tulis Teddy di akun Twitternya, Rabu (24/3/2021).

Seperti diberitakan, Pengadilan Negeri Jakarta Timur mulai menggelar sidang kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung serta kasus swab test di RS Ummi Bogor dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab. Persidangan tiga kasus itu dimulai sejak Selasa (16/3), kemudian dilanjutkan Jumat (19/3) dan Selasa (23/3) kemarin.

Sidang tersebut digelar secara virtual dan disiarkan melalui akun YouTube Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Habib Rizieq sendiri menjalani sidang lewat tayangan live streaming dari ruangan di Bareskrim Polri.

Dalam tiga kali sidang itu, selalu diwarnai dengan kericuhan, buntut dari sikap Habib Rizieq dan tim kuasa hukumnya yang melakukan sejumlah aksi sebagai bentuk protes dan menolak sidang online. Habib Rizieq bersikeras untuk hadir langsung di ruang sidang PN Jaktim. Pun, demikian disampaikan oleh tim kuasa hukumnya.

Beberapa tindakan HRS dan pengacaranya yang menjadi sorotan seperti walk out dari persidangan, marah-marah, berteriak hingga menunjuk hakim dan jaksa, menyuruh hakim dan jaksa untuk 'sidang sama tembok,' mengabaikan pertanyaan hakim, hingga membentak jaksa saat persidangan.

Setelah kericuhan yang tersaji di ranah publik itu, pada sidang Selasa kemarin, Majelis Hakim PN Jaktim mengabulkan permohonan Habib Rizieq dan tim kuasa hukumnya agar sidang digelar secara offline. Majelis hakim mencabut penetapan sidang online Rizieq Shihab melalui penetapan nomor 221/Pidsus/2021.

Dengan demikian, maka Habib Rizieq akan dihadirkan langsung di ruang sidang PN Jaktim dalam agenda persidangan selanjutnya.

"Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon dan mencabut tentang penetapan sidang secara online. Memerintahkan penuntut umum hadirkan dalam persidangan pada setiap hari," kata Hakim Ketua, Suparman dalam sidang online di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Hakim juga meminta penasihat hukum mematuhi jaminan yang telah diserahkan. Apabila dilanggar, pelaksanaan sidang offline akan ditinjau kembali. "Apabila pemohon melanggar pernyataan pada surat jaminan pada tanggal 23 Maret 2021 maka penetapan ini ditinjau kembali," ujar hakim.

Adapun tim kuasa hukum HRS menjamin akan mengikuti protokol kesehatan dalam sidang yang bakal digelar secara offline. Hal itu tertuang dalam surat jaminan yang mereka serahkan kepada majelis hakim dan dibacakan oleh salah satu anggota tim kuasa hukum Rizieq, Alamsyah Hanafiah.

"Bersama ini kami selaku kuasa hukum Muhamamd Rizieq alias Muhammad Rizieq Shihab menjamin pelaksanaan sidang dengan nomor register 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim secara offline dengan menghadirkan klien kami atas nama Muhammad Rizieq alias Muhammad Rizieq Shihab akan berlangsung mengikuti protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak dan tidak menimbulkan kerumunan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur," kata Alamsyah di persidangan.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli