Netral English Netral Mandarin
banner paskah
22:33wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Taliban Larang Pemimpin Berpoligami, DS: Kenapa ya, Permasalahan Orang2 spt Ini Seputar Selangkangan?

Sabtu, 16-January-2021 07:43

Taliban Larang Pemimpin Berpoligami, Denny sebut Kenapa ya, Permasalahan Orang2 spt Ini Seputar Selangkangan?
Foto : Istimewa
Taliban Larang Pemimpin Berpoligami, Denny sebut Kenapa ya, Permasalahan Orang2 spt Ini Seputar Selangkangan?
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemimpin Taliban di Afghanistan mengeluarkan dekrit yang mendesak pemimpin dan komandan kelompok untuk tak berpoligami, Dekrit itu dikeluarkan karena poligami yang mereka lakukan mengundang kritikan dari musuh-musuh mereka.

Dekrit tersebut ternyata malah mendapat sorotan pegiat media sosial Denny Siregar. Sabtu (16/1/21), melalui akun Twitternya, Denny mengatakan: "Kenapa ya, permasalahan utama orang2 spt ini gak jauh dari seputar selangkangan? Kayak gada masalah yg lebih penting.."

Sementara sebelumnya diberitakan, pria muslim memang diizinkan untuk memiliki empat istri, dan poligami masih diizinkan di Afghanistan, Pakistan dan di negara yang didominasi kaum Muslim.

Namun sumber dari Taliban mengungkapkan kepada BBC, bahwa praktik itu meningkatkan permintaan dana dari para komandan untuk membayar “harga pengantin”.

Praktik terseut masih berlaku di banyak suku Pashtun di Afghanistan dan Pakistan, di mana uang diberikan kepada keluarga seorang wanita untuk mengamankannya hingga pernikahan.

Dekrit itu dikeluarkan di saat yang paling sensitif untuk politik Taliban, yang kini tengah melakukan perundingan dengan pihak pemerintah Afghanistan mengenai masa depan negara.

Sumber tersebut mengungkapkan kepemimpinan Taliban prihatin atas tuduhan korupsi terhadap anggota yang berusaha mengumpulkan dana untuk menopang rumah tangga yang besar.

Sebagian besar pemimpin senior Taliban memiliki lebih dari satu istri, tetapi keputusan tersebut tak berlaku surut bagi yang mereka sudah menikah lebih dari satu kali.

Pada dekrit sebanyak dua halaman tersebut, Pemimpin Taliban Mullah Hibatullah tak melarang pernikahan kedua, ketiga dan keempat.

Namun, dia mengingatkan bahwa besarnya uang yang dikeluarkan untuk upacara pernikahan bisa menghadirkan kritikan dari lawan-lawan Taliban.

“Jika semua pemimpin dan komandan menghindari poligami, mereka tak perlu terlibat dalam korupsi dan praktik ilegal,” bunyi dekrit tersebut seperti dilansir Kompas.tv.

Meski begitu dekrit tersebut juga memberikan pengecualian, mendukung poligami bagi pria yang tak memiliki anak, juga tak memiliki anak laki-laki dari pernikahan sebelumnya.

Mereka juga memperbolehkan poligami dengan menikahi seseorang janda, atau memang memiliki kekayaan untuk memiliki banyak istri.

Dekrit tersebut juga mengatakan bahwa dalam keadaan seperti itu, seorang pria yang ingin berpoligami harus meminta izin dari atasan langsungnya sebelum mengatur pernikahan.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto