Netral English Netral Mandarin
16:08wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Tak Diduga, Ternyata Ini Manfaat Berkebun Bagi Tubuh di Situasi Pandemi Covid−19

Kamis, 18-Maret-2021 13:20

Artis Atika Hasioholan juga turut mengajari anaknya bertanam.
Foto : Instagram
Artis Atika Hasioholan juga turut mengajari anaknya bertanam.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM − Para pakar kesehatan masyarakat telah memperingatkan bahwa pandemi virus corona dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.  Ketakutan dan kebingungan menyelimuti kehidupan sehari-hari.

Tetapi sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Landscape and Urban Planning menemukan bahwa ada satu aktivitas penguat suasana hati yang mengejutkan, yang dapat kita lakukan bahkan jika kita sendirian di rumah yakni merawat taman kecil.

Studi menunjukkan bahwa berkebun meningkatkan suasana hati orang, mirip seperti bersepeda dan berjalan kaki. Dorongan itu tersedia baik dilakukan sendiri atau bersama orang lain. Semua jenis berkebun terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental, orang yang menanam makanannya sendiri tampaknya sangat senang merawat tanaman mereka.

Untuk penelitian tersebut, 370 orang dewasa di Minneapolis-St. Area metro Paul diberi aplikasi seluler yang merekam aktivitas mereka selama periode satu minggu acak pada tahun 2016 dan 2017. Aplikasi tersebut meminta setiap subjek penelitian untuk mencatat intensitas, pada skala 1 hingga 7, emosi yang dialami selama aktivitas di mana mereka berpartisipasi. Para peserta melacak dua emosi positif (kebahagiaan dan kebermaknaan) dan empat emosi negatif (rasa sakit, sedih, kelelahan dan stres).

Sekitar 30 persen peserta mengatakan mereka berkebun, menghabiskan rata-rata 1,5 jam seminggu untuk itu. Para peneliti melakukan pengukuran kesejahteraan dengan mengurangi intensitas emosi negatif rata-rata yang tercatat selama aktivitas dari intensitas rata-rata emosi positif. Kemudian mereka membandingkan ukuran kesejahteraan ini di berbagai aktivitas.

Studi tersebut menemukan bahwa meskipun semua jenis berkebun baik untuk kesehatan mental Anda, orang yang menanam sayuran sendiri tampaknya sangat senang dengan upaya mereka dibandingkan dengan mereka yang hanya menanam bunga atau tanaman hias. 

 “Dalam gerakan untuk membuat kota lebih layak huni, berkebun mungkin menjadi bagian besar dalam meningkatkan kualitas hidup,” ujar Anu Ramaswami dari Princeton, dilansir dari laman The Washington Post, Kamis (18/3/2021).

Berkebun tampaknya sedang meningkat selama pandemi virus corona. Data Google, misalnya, menunjukkan bahwa minat penelusuran untuk berkebun tahun ini naik tiga kali lipat dibandingkan periode waktu yang sama di tahun-tahun sebelumnya. 

Bagaimanapun, penelitian menunjukkan bahwa virus corona telah berdampak pada mental Anda. Jadi mungkin, tidak ada salahnya untuk mengambil pot, beberapa tanah dan beberapa benih lalu mulai berkebun. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani