Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:21wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Tak Diduga, Makanan Ini Bisa Bantu Atasi Stres Saat Pandemi

Selasa, 09-Maret-2021 14:00

Sayuran bisa bantu atasi stres.
Foto : Keep Healthy
Sayuran bisa bantu atasi stres.
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda merasa stres selama Pandemi Covid-19? Jika ya, Ketua Satuan Tugas (Satgas ) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban imbau masyarakat perhatikan ulang makanan yang dikonsumsi.

Kata Prof Zubairi, banyak studi menunjukkan pola makan sehat seperti buah, sayur dan ikan dapat membantu melawan stres.

Lantas, bagaimana makanan itu dapat membantu atasi stres?

"Singkatnya. Jika Anda stres, maka produksi hormon kortisol atau hormon stres akan melonjak tinggi," ujar dia, dikutip dari keterangannya, Selasa (9/3/2021).

Lebih lanjut Prof Zubairi jelaskan bajwa sejumlah makanan yang direkomendasikan untuk atasi stres adalah olahan kunyit dan lada hitam. Contohnya jamu, nasi kuning, spaghetti lada hitam dan banyak lagi.

Studi menunjukkan bahwa bahan aktif dalam kunyit yang bernama kurkumin itu dapat meningkatkan ekosistem mikroba usus. Dampaknya, kurkumin bisa meningkatkan hormon serotonin dan dopamin serta menurunkan kortisol.

Untuk diketahui saja, hormon serotonin itu adalah hormon pemberi perasaan nyaman dan senang. Sementara dopamin adalah hormon pengendali emosi.

Kandungan piperin dalam lada hitam juga punya peran penting. Piperin ini akan membantu meningkatkan penyerapan kurkumin dalam tubuh. Sehingga penurunan hormon stres bisa signifikan.

"Silakan mencari makanan sehat yang sesuai selera Anda," imbau dia.

Menurutnya, hal paling penting, selain cermati pola makan, mulailah mengubah gaya hidup. Coba bangun pagi, olahraga, berpikir positif dan konsisten melaksanakan rencana.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani