Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:33wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Tak Bisa ke Dokter Gigi Karena Pandemi? Begini Cara Merawatnya Sendiri dari Rumah

Sabtu, 23-January-2021 14:30

Ilustrasi anak menggosok gigi.
Foto : sandfordhealth.com
Ilustrasi anak menggosok gigi.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di tengah pandemi, banyak orang terpaksa menunda berkunjung ke dokter gigi. Meski demikian, perawatan gigi dan mulut harus tetap dilakukan karena bisa memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

"Perawatan gigi dan mulut akan memengaruhi rasa percaya diri dan juga kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan," kata Prof Dr Chiquita Prahasanti, Guru Besar Departemen Periodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga, Selasa (23/3/2021).

Dokter gigi yang juga ketua Kolegium Periodonsia Indonesia itu menganjurkan beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah, antara lain yaitu.

1, Membatasi konsumsi gula tambahan kurang dari enam sendok teh per hari.

2. Mengurangi konsumsi makanan asam.

3. Melakukan rutinitas perawatan diri sehari-hari.

4. Menggunakan produk khusus saat menyikat gigi untuk merawat gigi sensitif.

Meski demikian, ia menegaskan, peran ahli juga mutlak diperlukan sebab dokter gigi berperan dalam rutinitas perawatan mulut yang baik dan menyeluruh.

"Sekali pun di tengah pandemi, pentingnya mengunjungi dokter gigi secara teratur tidak boleh diabaikan. Masyarakat dapat menggunakan pelayanan dokter gigi jarak jauh atau tele-dentistry untuk mendapatkan perawatan dari para ahli," kata Prof Chiquita seperti dikutip dari Antara.

 

 

Reporter :
Editor : Irawan HP