Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:10wib
Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menolak gugatan pedangdut Rhoma Irama sebesar Rp1 miliar melawan PT Sandi Record. Komisi IX DPR akan memanggil Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang masih mengizinkan Vaksin AstraZeneca untuk digunakan di Indonesia.
Tak Bisa ke Dokter Gigi Karena Pandemi? Begini Cara Merawatnya Sendiri dari Rumah

Selasa, 23-Maret-2021 14:30

Ilustrasi anak menggosok gigi.
Foto : sandfordhealth.com
Ilustrasi anak menggosok gigi.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Meskipun tidak mungkin untuk mengunjungi dokter gigi di tengah pandemi COVID-19, perawatan gigi dan mulut harus tetap dilakukan dan penting karena bisa memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan.

"Perawatan gigi dan mulut akan memengaruhi rasa percaya diri dan juga kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan," ujar Prof Dr Chiquita Prahasanti,, Guru Besar Departemen Periodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga, Surabaya.

Dokter yang juga ketua Kolegium Periodonsia Indonesia itu menganjurkan beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah lantaran hambatan untuk pergi ke dokter gigi di tengah pandemi, yaitu:

1. Membatasi konsumsi gula tambahan kurang dari enam sendok teh per hari

2. Mengurangi konsumsi makanan asam.

3. Melakukan rutinitas perawatan diri sehari-hari.

4. Menggunakan produk khusus saat menyikat gigi untuk merawat gigi sensitif.

Ia menambahkan, meskipun memungkinkan melakukan perawatan mandiri, peran ahli tetap mutlak diperlukan untuk perawatan mulut yang lebih baik dan menyeluruh.

"Sekali pun di tengah pandemi, pentingnya mengunjungi dokter gigi secara teratur tidak boleh diabaikan. Masyarakat dapat menggunakan pelayanan dokter gigi jarak jauh atau tele-dentistry untuk mendapatkan perawatan dari para ahli," imbuhnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (23/3/2021).

 

 

Reporter :
Editor : Irawan HP