Netral English Netral Mandarin
banner paskah
10:20wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Tak Bisa Berbahasa Inggris, Ruben Onsu Ditahan Imigrasi Perth

Senin, 29-Maret-2021 09:30

Ruben dan Ivan saat berada di Podcast Deddy Corbuzier.
Foto : Podcast Deddy Corbuzier
Ruben dan Ivan saat berada di Podcast Deddy Corbuzier.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Tak banyak yang tahu ternyata Ruben Onsu sering berurusan dengan imigrasi saat jalan-jalan ke mancanegara.

Di Podcast Deddy Corbuzier, Minggu, (28/3/2021), Ruben bercerita pernah mengalami nasib tidak mengenakan ditahan imigrasi.Pasalnya Ruben sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Ketika di Perth, Australia, ia dibawa ke kantor imigrasi bandara.

“Ini asli karena gue gak bisa bahasa Inggris. Ketika melewati pemeriksaan, koper gue bunyi. Terus gue ditanya dengan bahasa Inggris. Gw jawab yess terus no jadi yess dan no yess dan no doang,” tutur Ruben.

Ia pun digiring ke dalam sebuah ruangan. Ketika di tengah perjalanan, Ruben melihat pilot asal Indonesia. Dengan memohon bantuan pilot tersebut, akhirnya Ruben paham. Kalau sebenarnya petugas tersebut menanyakan kalau di dalam kopernya ada gunting kuku.

“Jadi rupanya petugas tuh tadi tanya, apakah Anda membawa gunting kuku. Gue jawab no pas ditanaya apakah gunting kuku itu untuk berbuat sesuatu di dalam pesawat yess? Gue jawab yess, misscom deh. Makanya akhirnya gue dibawa ke ruangan khusus,” jelas Ruben.

Selesai urusan di ruangan tersebut, Ruben mengikuti jalur khusus pilot. Kembali dia ditanya dalam bahasa Inggris. Lantaran tak mengerti pertanyaan tersebut, akhirnya ia berpura-pura jadi orang gagu.

”Gue akting dong jadi orang gagu. Haehehaheho, eeh berhasil loh. Langsung paspor gue dicap dan disuruh lewat aman.”

Satu hal lagi ia juga sempat dimarahin petugas check in lantaran Ivan titip koper yang beratnya hinggaa 45 kilo. “Akhirnya gue harus memilah-milah lagibtuh isi koper dan beli koper di bandara, gue bayar kelebihan berat koper yang bukan punya gue tapi punya Ivan,” ungkap Ruben.

Berbeda dengan pengalaman Ivan Gunawan yang ditahan imigrasi Singapura lantaran wajah asli dan foto di passpordnya berbeda.

Ternyata, wajah Ivan saat ini hasil dari banyak operasi. 

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani