Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:32wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Disambut Gembira! Tahun Ini Mudik Tak Dilarang, Netizen: Baguslah, Cz Life Must Go On..

Selasa, 16-Maret-2021 16:35

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Foto : Dok. Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Warganet menyambut gembira tentang pengumuman bahwa tahun ini mudik bakal tak di larang. 

Dalam akun FB Mak Lambe Turah, beberapa netizen mengungkap komentarnya terhadap keputusan tersebut.

MLT: “Mudik tidak dilarang gaiss.... Baguslah. Cz life must go on. TAPI yah itu deh, ada syarat dan ketentuan. Okaay pak Menteri, kita tunggu  peraturan2nya. Pastinya demi kebaikan bersama..”

Herman Salim: “Bagus lah, harga tiket bisa naik lagi.”

Untuk diketahui, Pemerintah memutuskan tidak akan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Meskipun pandemi masih berjalan dan belum mereda.Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun pihaknya dan Gugus Tugas COVID-19.

"Terkait dengan mudik 2021 pada prinsipnya pemerintah lewat Kemenhub tidak akan melarang. Kami akan koordinasi dengan Gugus Tugas bahwa mekanisme mudik akan diatur bersama dengan pengetatan, dan lakukan tracing pada mereka yang hendak berpergian," ujar Budi Karya dalam rapat kerja dengan komisi V DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Budi Karya menjelaskan kemungkinan akan ada lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran tahun ini. Terlebih lagi vaksinasi sudah dilakukan pada beberapa orang, hal ini akan membuat masyarakat lebih yakin berpergian.

Dengan adanya kebijakan PPNBM nol persen pun dia menilai akan ada lonjakan pengguna mobil di masyarakat. Pada transportasi umum pun sudah ada GeNose, syarat berpergian yang lebih murah.

"Kami sudah petakan beberapa isu penting. Pasti akan terjadi lonjakan, program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin berpergian," kata Budi Karya.

"Juga adanya PPNBM nol, kepemilikan mobil akan bertambah, dan penggunaan GeNose juga akan membuat confident untuk berpergian karena murah," ujarnya.

Seperti diketahui tahun lalu pemerintah melarang mudik Lebaran. Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran virus Corona antar daerah.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto