Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:33wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Super Gampang dan Praktis, Ini 5 Inovasi Masak Tempe Ala Anak Kos 

Rabu, 17-Maret-2021 15:00

Masak tempe mudah dan cepat
Foto : Nusaku
Masak tempe mudah dan cepat
29

 

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Uang bulanan mulai menipis, makan mi instan bosan, mau masak takut ribet dan rasanya tidak enak. Eits, tidak perlu bingung dan khawatir soal mengisi perut. Anda tetap bisa makan sederhana, enak, murah dan mengenyangkan dengan tempe. 

Apalagi tempe memiliki banyak kandungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan. Misalnya saja, kandungan probiotik yang baik untuk pecernaan dan mengurangi peradangan. Selain itu tempe juga bisa menurunkan kolestrol hongga meningkatkan kepadatan tulang. 

Jadi meski harganya murah dan mudah didapatkan, jangan remehkan makanan yang satu ini ya. Cara memasaknya juga beragam, tidak hanya digoreng saja lho. Berikut ini lima inovasi masak tempe ala anak kos yang bisa Anda coba:

Tempe Mendoan

 

Yuk, coba olah tempe yang Anda punya jadi tempe mendoan. Bahannya adalah tempe, tepung terigu, bawang putih, ketumbar, garam, kunyit, daun bawang, air dan minyak goreng. 

Caranya, haluskan bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam tepung terigu, irisan daun bawang, dan tambahkan air lalu aduk. 

Masukkan irisan tempe pada adonan tepung, lalu goreng di minyak panas sebentar dan angkat. Cocok disajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap, serta santap degan nasi putih hangat.

Sambal Tempe

Apakah sudah pernah mencoba buat sambal tempe? Jika belum, awas nanti bisa– bisa Anda dibuat ketagihan. Bahannya hanya tempe, bawang putih, cabai rawit, garam dan minyak goreng saja. 

Pertama, goreng tempe yang sudah dipotong. Ulek bawang putih, cabai rawit dan garam, lalu masukkan tempe dan ulek bersama. Sajikan dengan nasi putih hangat dan kerupuk. 

Tempe Orek

Siapa yang tidak kenal tempe orek? Makanan ini biasanya ditemui sebagai pendamping nasi uduk atau nasi kuning. Ternyata cara memasaknya mudah dan tahan lama lho, jadi bisa buat stok. 

Bahannya adalah tempe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, gula merah, daun salam, minyak goreng dan garam. Caranya, iris tempe seperti potongan batang korek dan goreng hingga garing, tiriskan. 

Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas dan daun salam. Apabila sudah wangi, masukkan tempe dan irisan gula merah serta garam, bisa beri kecap manis bila suka. Aduk hingga bumbu hingga merata dan angkat. 

Katsu Tempe

Tempe juga bisa naik kelas, coba olah tempe jadi katsu. Bahannya adalah tempe, telur, tepung roti, garam, minyak goreng. Saus pendampingnya, siapkan bumbu kare instan. 

Cara masaknya, pipihkan tempe lalu taburi sedikit garam di sisi kiri dan kanan. Masukkan tempe pada telur dan balur ke tepung roti, goreng di minyak panas hingga cokelat keemasan lalu tiriskan. 

Untuk saus, tinggal tumis bumbu, beri sedikit air dan tunggu hingga mendidih dan mengental. Bila suka, Anda bisa menambahkan bawang bombay saat memulai menumis. Sajikan katsu, dengan nasi putih dan tuang bumbu kare yang kental. 

Perkedel Tempe

Perkedel kentang kedengarannya sudah biasa bukan? Coba buat juga tempe menjadi perkedel. Siapkan bahan tempe, bawang putih, lada, garam, tepung terigu, telur dan minyak goreng. 

Caranya, haluskan bawang putih, lada dan garam. Setelah itu haluskan juga tempe dan campur pada bumbu. Masukkan telur dan tepung terigu, bentuk adonan menjadi bulat atau lonjong dan goreng hingga cokelat keemasan. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani