Netral English Netral Mandarin
banner paskah
11:39wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Supaya Aman dan Nyaman, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Bersepeda di Jalan Raya

Senin, 22-Maret-2021 01:00

Aktivitas bersepeda di jalan raya.
Foto : Istimewa
Aktivitas bersepeda di jalan raya.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sempat viral sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang anggota rombongan pesepeda ditabrak mobil di kawasan Bundaran HI Jakarta.

Bukannya hendak menuding siapa yang salah, siapa yang tidak. Jika semua pengguna jalan taat pada aturan, menjaga etika, aktivitas di jalan raya tentu akan berjalan aman dan nyaman.

Memang, seluruh jalan adalah milik warga dan kita memiliki hak yang sama saat menggunakannya, termasuk pesepeda. Oleh karena itulah ada jalur khusus sepeda di kota besar seperti Jakarta.

Meski demikian, kita juga harus menghormati hak sesama pengguna jalan. Jangan menggunakan jalan semaunya. Etika harus dijaga.

Saat bersepeda, ketahuilah hal-hal berikut yang perlu kita jalankan dan juga kita jaga agar nyaman dan aman saat melakukan aktivitas itu.

Pertama, saat menggunakan jalur sepeda, jaga jarak minimal 1,5 meter dengan kendaraan lain.

Kedua, selalu gunakan lajur sebelah kiri saat bersepeda. Jika hendak menyalip pesepeda lain, lakukanlah dari sebelah kanan. Jangan lupa berikan sinyal dengan membunyikan bel sepedamu ya!

Ketiga, jika bersepeda di jalan tanpa jalur khusus sepeda, gunakan tepi jalan untuk melintas. Jika bersepeda bersama teman, atur posisi untuk sejajar dan tidak boleh lebih dari dua sepeda.

Kamu wajib menggunakan sinyal tangan sebelum berbelok, berhenti, atau ketika mempersilakan pengguna jalan lain untuk mendahului. Nyalakan lampu sepeda untuk keselamatan saat bersepeda di malam hari.

Pesepeda juga wajib mematuhi petunjuk lalu lintas yang tersedia.Jadi, apabila melihat lampu merah sedang menyala, pesepeda juga wajib berhenti.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP