Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:07wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Sumba Barat Daya Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 5,1 Magnitudo

Jumat, 01-January-2021 07:50

Ilustrasi gempa
Foto :
Ilustrasi gempa
18

KUPANG, NETRALNEWS.COM - Gempa bumi bermagnitudo 5,1 pada Jumat (1/1/2021) mengguncang wilayah barat laut, Kabupaten Sumba Barat Daya di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kata Kepala BMKG Stasiun Waingapu Sumba Timur Arief Tyastama.

"Gempa terjadi pada pukul 06.12 WIB dengan episenter gempa terletak di 9.23 lintang selatan (LS),119.02 bujur timur (BT) atau berjarak 25 kilometer arah barat laut Tambolaka, Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya dengan kedalaman 63 km," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat (1/1/2021). 

Mengenai dampak, Arief mengatakan gempa juga dirasakan hingga wilayah Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait dengan dampak gempa bumi. 

Masyarakat juga diminta menghindar jika mendapati bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah, demikian Arief Tyastama.​​​​​​

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli