Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:42wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Sukseskan Vaksinasi Lansia, Sinergi Kuncinya

Senin, 29-Maret-2021 18:50

Vaksinasi untuk lansia tengah digelar di beberapa wilayah
Foto : antaranews.com
Vaksinasi untuk lansia tengah digelar di beberapa wilayah
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pemerintah gencar menggelar program vaksinasi untuk lansia yang merupakan golongan rentan di masa pandemi Covid-19 ini. Dibutuhkan sinergi seluruh pihak termasuk sektor swasta guna menyukseskan program vaksinasi lansia ini. 

"Kami bukan sekadar mengajak lansia untuk vaksinasi, melainkan juga menaruh perhatian khusus dalam memastikan nutrisi harian mereka dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan nutrisi yang baik, kami yakin vaksin dapat bekerja secara optimal pada populasi lansia,” papar Boy Sinaga, Business Unit Coordinator General Adult Nutrition KALBE Nutritionals, dalam siaran resmi, Senin (29/3/2021).

dr Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals, menekankan pentingnya proses skrining riwayat penyakit, kesiapan psikis, kondisi fisik, serta memeriksa apakah mereka memiliki komorbid yang terkontrol agar vaksin dapat bekerja dengan efektif.

“Selain itu, para lansia memerlukan asupan nutrisi seimbang dengan kandungan tinggi protein, vitamin, dan mineral, khususnya Vitamin C, D dan Zinc, untuk menghindari risiko malnutrisi dan sarcopenia atau berkurangnya massa dan kekuatan otot sebagai faktor yang menyebabkan pembentukan imunitas pasca vaksinasi kurang optimal,“ ujar dr. Muliaman.

Lansia memiliki risiko paling besar dan mengalami kondisi terberat dibandingkan kelas usia lainnya jika terinfeksi COVID-19. Adapun 48,3 persen kematian akibat COVID-19 di Indonesia terjadi pada pasien lansia. Maka dari itu, untuk mencapai kekebalan kelompok di Indonesia, vaksinasi pada kelompok prioritas termasuk lansia, perlu dilakukan.

Di Indonesia, program vaksinasi COVID-19 bagi kategori lansia di atas 60 tahun resmi dimulai pemerintah sejak 8 Februari 2021 hingga saat ini, dan bisa dilakukan di berbagai tempat fasilitas kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Demi mempercepat vaksinasi lansia, beberapa tempat juga menyediakan vaksinasi massal dengan kuota ribuan orang per hari. Selain sentra vaksinasi bersama BUMN di Istora Senayan Jakarta, Kementerian Kesehatan RI juga membuka pendaftaran lansia bagi pemilik KTP di DKI maupun non-DKI bertempat di BBPK Jakarta Kampus Hang Jebat.

Distribusi nutrisi lansia Entrasol di BBPK Kampus Hang Jebat dimulai pada 26 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021, sedangkan di Istora Senayan pada 30 Maret – 30 April 2021.

Entrasol dan Loket bersinergi dalam program vaksinasi massal untuk lansia di wilayah Jabodetabek. Loket menyediakan dukungan dalam prses registrasi dan penjadwalan vaksinasi COVID-19 daring untuk lansia, sementara Entrasol menargetkan membagikan 50.000 paket nutrisi lansia secara gratis kepada peserta vaksinasi di Istora Senayan dan Balai Besar Pelatihan Kesehatan Kampus Hang Jebat, Jakarta Selatan.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP