Netral English Netral Mandarin
banner paskah
13:59wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Soal Wacana Presiden Tiga Periode, Uki: Saya Sarankan Mbah Amien Periksa ke Psikiater

Senin, 15-Maret-2021 18:05

Presiden Joko Widodo (kiri) dan politisi senior Amien Rais
Foto : Istimewa
Presiden Joko Widodo (kiri) dan politisi senior Amien Rais
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eks juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi (Uki) menyarankan agar pendiri Partai Ummat Amien Rais memeriksakan diri ke psikiater atau psikolog.

Hal itu disampaikan Uki mengomentari tudingan Amien Rais ihwal adanya upaya rezim pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mengamandemen UUD 1945 guna memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode. 

"Saya sarankan mbah Amien periksa ke psikiater. Mimimal ke psikolog," tulis Uki di akun Twitternya, @Uki23, Senin (15/3/2021).

Uki menyebut, saran serupa pernah ia sampaikan ke aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet dan ternyata belakangan saran itu berguna.

Pada 2018 lalu, Uki pernah menyarankan Ratna Sarumpaet ke psikiater atau psikolog gara-gara cuitan Ratna terkait hoaks penyebaran uang kertas nominal Rp 200 ribu. Kala itu Ratna mencuit "Masih mau 2 periode? Pakai akal pikiranmu - Gugah hati nuranimu. Cc: @jokowi".

"Hal yang sama pernah saya utarakan tentang bu Ratna Sarumpaet yang belakangan diketahui saran saya relevan," cuit Uki.

Sebelumnya, pendiri Partai Ummat Amien Rais menduga ada skenario yang dimainkan rezim saat ini untuk mengamendemen UUD 1945 agar mengubah ketentuan soal masa jabatan presiden dari dua periode menjadi tiga periode melalui sidang istimewa MPR.

"Jadi mereka akan mengambil langkah pertama meminta sidang istimewa MPR, yang mungkin satu, dua pasal yang katanya perlu diperbaiki yang mana saya juga tidak tahu," kata Amien dalam video yang diunggah di Channel YouTube-nya, Sabtu (13/3/2021).

"Tapi kemudian nanti akan ditawarkan pasal baru yang kemudian memberikan hak presidennya itu bisa dipilih tiga kali. Nah kalau ini betul-betul keinginan mereka, maka saya kira kita bisa segera mengatakan ya innalillahi wa inna ilaihi rajiun," ujarnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli