Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:51wib
Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran kepala daerah untuk berhati-hati menghadapi potensi pandemi Covid-19 gelombang kedua. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan pemerintah masih memiliki utang penugasan sebesar Rp1,27 triliun kepada perusahaan.
Soal Raja Salman Bawa Tangga Pesawat, Arie Untung Diskak Tokoh NU

Rabu, 14-April-2021 18:12

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen (Gus Nadir)
Foto : NU
Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen (Gus Nadir)
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen (Gus Nadir) mengomentari pernyataan artis Arie Untung yang menyebut Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud membawa tangga pesawat dari Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia karena menghindari dosa riba.

Gus Nadir mengatakan, apa yang disampaikan Arie Untung keliru. Pasalnya, Raja Salman membawa tangga tersebut bukan alasan riba, tapi karena sang raja sudah sepuh sehingga membutuhkan tangga khusus pesawat.

Tangga motorik atau eskalator itu, lanjut Gus Nadir, dibawa Raja Salman dalam setiap kunjungan ke luar negeri dan bukan hanya ke Indonesia. Gus Nadir menegaskan, penggunaan tangga tersebut sudah merupakan prosedur tetap Kerajaan Arab Saudi.

"Penjelasan @ArieKuntung soal Raja Salman bawa tangga pesawat karena gak mau riba itu keliru," tulis Gus Nadir di akun Twitternya, seperti dilihat netralnews.com, Rabu (14/4/2021).

"Raja sudah sepuh, jadi kemana-mana kunjungan luar negeri pasti bawa sendiri tangga pesawat yang kayak eskalator. Bukan hanya saat ke Indonesia atau ngutangin duit. Itu protokol tetap (protap) Raja," jelas @na_dirs.

Sebelumnya, Arie Untung menyebut bahwa Raja Salman menggunakan pesawat pribadi, membawa mobil sendiri, bahkan tangga khusus pesawat juga dibawa dari Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia pada 2017 lalu karena menghindari dosa riba.

"Waktu Raja Salman ke Indonesia, pakai pesawat pribadi, sampai untuk tangga turunnya dia bawa dari Arab. Karena apa, dia takut minjemin uang ke Indonesia, kemudian dia dapat dosa karena minjemin tangganya. Mobilnya dia bawa sendiri, karena dia nggak mau sepeserpun memberatkan yang dipinjemin," kata Arie Untung dalam podcast Daniel Mananta beberapa hari lalu.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati