Netral English Netral Mandarin
banner paskah
07:15wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Soal Doa Semua Agama, Guntur: Ide Menag Keren, Perlu Didukung dan Dipraktikkan

Rabu, 07-April-2021 09:47

Aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU), Mohamad Guntur Romli
Foto : Istimewa
Aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU), Mohamad Guntur Romli
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU), Mohamad Guntur Romli mengapresiasi usulan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang meminta agar doa semua agama dibacakan di acara-acara Kementerian Agama (Kemenag).

Menurut Guntur, Yaqut Cholil telah mengembalikan Kemenag pada khittahnya sebagai Kementrian yang mengurusi dan memfasilitiasi urusan semua agama.

"Menteri Agama saat ini sudah mengembalikan Kemenag pada Khittahnya, Kementrian yang mengurusi dan memfasilitiasi urusan semua agama," tulis Guntur di akun Twitternya, seperti dilihat netralnews.com, Rabu (7/4/2021).

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menambahkan, ide Menag itu perlu didukung karena merepresentasikan Bhineka Tunggal Ika.

"Ide Menag ini keren, perlu didudukung dan dipraktikkan, tinggal atur teknisnya saja. Ini representasi Bhinneka Tunggal Ika," kata @GunRomli.

"Catatan saya kalau doa semua agama ya bagaimana mempersingkat, jangan sampai berlomba memperpanjang doa (emoji tertawa)," cuitnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) meminta jajarannya untuk memberikan kesempatan membacakan doa versi agama lain selain Islam di kegiatan internal Kemenag.

"Mungkin, mungkin lain waktu bisa lah. Itu kan lebih enak dilihat itu, jika semua agama yang menjadi urusan di Kementerian ini sama-sama menyampaikan doanya," kata Gus Yaqut dalam Rakernas Kemenag 2021 yang disiarkan secara daring, Senin (5/4/2021).

Gus Yaqut meyakini semakin banyak doa yang dipanjatkan, maka probabilitas untuk dikabulkan semakin tinggi. Selain itu Kemenag juga dapat menjadi contoh moderasi beragama bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli