Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:49wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Soal Benci Produk Asing, Roy Suryo Sentil Jokowi: Sudah Siap Ganti Mobil Dinas ke Esemka? 

Jumat, 05-Maret-2021 08:08

Roy Suryo
Foto : Radar Cirebon
Roy Suryo
25

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pakar Telematika Roy Suryo mengomentari seruan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membenci produk-produk dari luar negeri. 

Roy menduga, Jokowi membuat pernyataan demikian karena ada masukan 'sesat' dari orang dekat Presiden atau bisa jadi dari para pendengung bayaran alias buzzeRp. 

“Ini siapa lagi (Oknum Penjilat /BuzzerRp?) yang kasih masukan sesat terhadap Presiden?" tulis Roy di twitternya, @KRMTRoySuryo2, Kamis (4/3/2021).

Menurut Roy, ajakan mencintai produk dalam negeri, tidak harus diikuti dengan mengkampanyekan kebencian terhadap produk luar negeri.

"Mencintai produk dalam Negeri itu tidak harus dengan membenci Produk Luar Negeri,” cuit mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu. 

Roy Suryo mengatakan, jika Presiden mengkampanyekan benci produk asing, maka hal itu harus dimulai dari diri sendiri. 

Dalam hal ini, Roy mempertanyakan apakah Jokowi sudah siap mengganti mobil dinas Presiden yang merupakan produk luar negeri dengan mobil Esemka buatan Indonesia. 

"Itupun harus dimulai dari dirinya sendiri, Sudah siapkah ganti Mobil dinas dari Mercedes S-Class ke Esemka?" sindir mantan politisi Partai Demokrat itu. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta aparat pemerintah menggencarkan kampanye cinta produk dalam negeri. Di saat yang sama, Presiden juga meminta mengampanyekan benci produk luar negeri.

Presiden Jokowi berharap, cara itu bisa menjadikan warga Indonesia sebagai konsumen loyal produk dalam negeri. Apalagi dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, Indonesia punya potensi pasar yang besar. 

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia, harus terus digaungkan, produk-produk dalam negeri. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri. Sehingga, betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal sekali lagi untuk produk-produk Indonesia," jelas Presiden Jokowi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Taat Ujianto