Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:07wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Sidang Kasus HRS Diwarnai Kericuhan, Eko Kuntadhi: Biasa Demo Masuk Ruang Sidang, ya Begini Kelakuannya...

Selasa, 16-Maret-2021 18:30

Ilustrasi, Susasana sidang dan pendukun HRS
Foto : Sindonews
Ilustrasi, Susasana sidang dan pendukun HRS
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Persidangan kasus Habib Rizieq Shihab diwarnai insiden kericuhan. Eko Kuntadhi langsung membuat cuitan bernada nyinsir kepada para pendukung HRS. 

“Biasa demo masuk ruang sidang. Ya, begini kelakuannya...,” kata Eko Kuntadhi.

Untuk diketahui, Persidangan dengan terdakwa Rizieq Shihab kembali berlanjut di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021) siang. 

Dua persidangan yang dijalani sebelumnya dinyatakan ditunda oleh majelis hakim untuk perkara kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat; dan Megamendung, Puncak. 

Adapun persidangan ketiga untuk perkara kasus dugaan menghalang-halangi petugas Covid-19 saat Rizieq dirawat di RS Ummi Bogor baru saja dibuka. 

Pada persidangan ketiga kali ini, sempat terjadi insiden kecil. 

Seperti dua persidangan Rizieq lainnya hari ini, pihak kuasa hukum bersikeras mendesak jaksa dan hakim menghadirkan terdakwa di ruang sidang. Mereka menolak pelaksanaan sidang virtual.  

Pada persidangan perdana dengan agenda pembacaan dakwaan ini digelar virtual karena masih pandemi Covid-19.  Rizieq menjalani persidangan lewat tayangan live streaming dari ruang di Bareskrim Polri. 

Pada saat kuasa hukum meminta agar Rizieq dihadirkan langsung, insiden ini terjadi.  Sejumlah kuasa hukum mendekat ke arah meja jaksa penuntut umum (JPU) dan menunjuk ke arah JPU. 

Berdasar pantauan awak media, suasana ruang sidah ricuh. Para kuasa hukum terus berteriak-teriak ke arah JPU dan hakim.

“Ini negara hukum. Kalian sudah disumpah,” ujar salah satu kuasa hukum. “Keluar-keluar. Silakan sidang sama tembok,” ujar salah satu kuasa hukum, Munarman seperti dinukil Kompas.com. 

Para kuasa hukum pun memutuskan walk out dari persidangan. Para kuasa hukum sudah meminta terdakwa Rizieq Shihab hadir dalam persidangan secara langsung. 

“Saya ingin hadir langsung di ruang sidang, bukan di ruang Mabes Polri,” ujar Rizieq dalam video telekonferensi. 

Adapun kericuhan terjadi dalam sidang pembacaan perkara kelima dengan nomor 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim atas nama terdakwa Rizieq. Sidang pembacaan dakwaan dipimpin oleh Majelis Hakim Khadwanto, Mu’arif, dan Suryaman. Akhirnya, hakim memutuskan untuk menskors persidangan selama 30 menit.

 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto