Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:11wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Sering Pegal Saat Menyetir Mobil? Ini Dia Solusinya

Kamis, 11-Maret-2021 20:45

Drive In
Foto : Ilustrasi menyetir mobil.
Drive In
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Soal mengendarai mobil pasti untuk sebagian orang sudah fasih, tetapi pasti sering kali banyak yang merasakan pegal atau lelah pada saat perjalanan jauh. Situasi itu ternyata membuat kita tidak nyaman.

Untuk itu, kita wajib mengetahui posisi-posisi menyetir yang baik dan benar supaya perjalanan jarak jauh menjadi nyaman. Berikut ulasannya.

Sesuaikan Posisi Jok Mobil dengan Tubuh

Dengan menyetel ulang posisi jok mobil, otomatis Anda akan merasakan sensasi rileks pada saat menyetir mobil. Dengan begitu akan meminimalisir pegal linu pada tubuh saat menyetir mobil dalam keadaan macet ataupun jauh. Posisi jok yang di atur sebaiknya tidak membuat tubuh anda bungkuk, karena harus menegakan punggung agar posisi duduk saat menyetir lebih ergonomis.

Memposisikan Lengan dengan Benar

Buatlah lengan sesantai mungkin saat memegang stir, jangan buat lengan terlalu tegak atau terlalu menekuk. Anda harus membuat lengan natural saat memutar kemudi, sebaiknya agak menekuk sedikit saja karena bila berlebihan hal itu akan membuat sendi lengan anda cepat pegal saat mengemudi 

Jika ada mobil memiliki handrest Anda dapat menggunakannya sebagai alat yang dapat membantu menahan beban lengan saat lengan pegal hal tersebut akan membuat lebih nyaman pastinya.

Menyetel Ulang Tinggi Kursi Sesuai Tubuh 

Saat menyetir perhatikan juga tinggi jok mobil Anda jangan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, karena posisi tinggi jok mobil mempengaruhi pula tingkat kenyamanan saat menyetir. Usahakan tinggi jok mobil anda sesuai dengan jarak pandang anda kearah depan kaca mobil dan kap mesin agar lebih luas saat melihat kedepan. Dengan begini Anda akan lebih aman dan nyaman pada saat mengendarai mobil.

Beristirahat Secara Berkala 

Tubuh manusia tidak di rancang untuk duduk terlalu lama, maka dari itu usahakan ketika dalam perjalanan jauh atau tubuh Anda sudah merasa sangat lelah lebih baik mencari tempat untuk pemberhentian agar dapat merilekskan otot-otot tubuh yang sudah letih, karena dengan beristirahat tubuh anda akan lebih segar lagi saat melanjutkan perjalanan. 

Reporter : R. Nebukadnezar S
Editor : Widita Fembrian