Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:00wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
'Semarang' Sempat Trending, Ini Kata Ganjar soal 'Jateng di Rumah Saja' 

Sabtu, 06-Februari-2021 23:05

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Foto : Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
6

SEMARANG, NETRALNEWS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaporkan soal pelaksanan gerakan 'Jateng 2 Hari di Rumah Saja' pada Sabtu (06/02).

"Alhamdulillah berjalan bagus, tadi beberapa Bupati/Wali Kota sudah kasih laporan. Brebes bagus, masyarakat mendukung dan jalanan sepi. Temanggung juga sama, meski beberapa pasar di sana tetap buka, tapi operasional berhenti pukul 12.00 WIB kemudian dilakukan penyemprotan," kata Ganjar.

Diketahui, sejumlah Kabupaten/Kota telah mengirimkan laporan bagaimana pelaksanaan pengetatan di daerah masing-masing.

Selain Brebes dan Temanggung, daerah lain seperti Banyumas, Kota Magelang, Kota Tegal dan lainnya juga memberikan laporan.

"Kota Semarang saya ngikuti sendiri, daerah lainnya juga masih on going dan sudah menyampaikan laporan berupa foto dan video," jelasnya.

Sementara, terkait dengan mobilitas masyarakat di hari pertama pelaksanaan, politisi PDIP tersebut menyebut telah cukup berkurang. Ganjar pun menambahkan jika curah hujan yang cukup tinggi sangat membantu gerakan tersebut.

"Tapi Brebes tidak hujan juga betul-betul sepi. Maka saya posting foto dan video dari Brebes itu. Saya berterimakasih atas bantuan semua pihak guna suksesnya gerakan ini," katanya.

Kendati demikian, Ganjar berharap agar dukungan masyarakat untuk tetap di rumah saja bisa dilanjutkan pada besok Minggu (7/2).

"Tapi tidak berarti Senin lusa kita bebas-bebasan, tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Nanti akan kami cek, apakah gerakan ini berpengaruh positif atau tidak," ujarnya.

"Memang ngeceknya agak lama, kita hitung dua minggu setelah ini dan semoga ini bisa mengurangi. Sambil, kami menyiapkan vaksinasinya," pungkasnya.

Seperti diketahui, gerakan 'Jateng 2 Hari di Rumah Saja' menjadi sorotan karena di beberapa wilayah terjadi banjir. Hingga kata kunci 'Semarang' sempat menjadi trending topic Twitter di Indonesia pada Sabtu (6/2) siang.

Bahkan bermunculan meme dengan potret Ganjar mengacungkan ibu jari dan tersenyum. "Gimana nak? Sekarang mengerti kan kenapa saya minta kalian di rumah saja? Di luar hujan..." demikian tulisan yang tertera di meme-nya, dalam Bahasa Jawa.

Reporter : Tommy
Editor : Tommy Satria