Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:27wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Sejahterakan Rakyat dan Entaskan Kemiskinan, Program Kemensos Kantongi Dukungan DPR 

Selasa, 09-Maret-2021 22:06

Komisi VIII DPR Dukung Program Kemensos
Foto : Kementerian Sosial
Komisi VIII DPR Dukung Program Kemensos
30

BEKASI, NETRALNEWS.COM - Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, kembali menegaskan dukungannya untuk program-progran pengentasan kemiskinan Kementerian Sosial. 

Pernyataan itu dia nyatakan saat meninjau pusat wirausaha dan vokasional eks gelandangan dan pengemis Sentra ATENSI di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini, Selasa (9/3/2021). 

"Urusan menyejahterakan rakyat, keberpihakan negara harus benar-benar diwujudkan. Kami dari Komisi VIII DPR RI akan mendukung penuh kerja-kerja Kemensos, termasuk nanti refocussing anggaran," kata Yandri.

Dia mengatakan bahwa rapat refocussing atau penyesuaian anggaran Kementerian Sosial akan segera digelar agar program-program kesejahteraan sosial yang menjadi prioritas segera dapat direalisasikan, termasuk rencana pembangunan Sentra ATENSI di seluruh Balai Kementerian Sosial di Indonesia.

"Nah rencananya dalam waktu dekat kami akan segera refocussing anggaran dengan Kemensos. Saya gembira melihat terobosan Bu Menteri Sosial. Saya lihat di sini ada perkebunan, pengolahan sampah, peternakan ikan lele, kuliner, dan lain-lain. Semoga bisa jadi sentra wirausaha di tengah pandemi," tegas Yandri.

Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial membangun Sentra Kreasi ATENSI di Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi yang telah diresmikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 18 Februari 2021.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, Sentra Kreasi ATENSI di Balai Karya Pangudi Luhur dibentuk sebagai pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional serta media promosi hasil karya Penerima Manfaat eks gelandangan dan pengemis, penyandang disabilitas, pemulung dalam satu kawasan.

"Di dalamnya terdapat galeri usaha seperti kuliner, musik, dan galeri vokasi seperti sablon, pijat, perkebunan hidroponik, ternak ikan, jahit baju, salon, pernak pernik, batik ciprat, dll," lanjutnya.

Sebagai informasi, masyarakat umum juga dapat mengunjungi Sentra Kreasi ATENSI beralamat di Balai Karya Pangudi Luhur Jl. Joyo Martono No. 19 Kota Bekasi.

Penyerahan Bantuan HTT

Pada kesempatan yang sama, Mensos Risma menyerahkan sejumlah bantuan Hadiah Tidak Tertebak (HTT) senilai Rp309.061.900 untuk Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi, Balai Disabilitas Tan Miyat Bekasi, Balai Lansia Budhi Dharma Bekasi, dan enam Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). 

HTT tersebut berupa air cooler, mesin cuci, televisi, USB Drive atau Diska Lepas, home theater, laptop, ponsel pintar, kulkas, dan lain-lain.

"Jadi kesemuanya kami berikan untuk dimanfaatkan oleh para Penerima Manfaat di Balai-Balai kita. Seperti mesin cuci bisa dimanfaatkan Penerima Manfaat untuk membuka usaha laundry," ujar Mensos Risma.

HTT sendiri merupakan barang yang disediakan penyelenggara Undian Gratis Berhadiah (UGB) pihak swasta tetapi tidak tertebak atau tidak ada pemenangnya.

Turut hadir dalam acara pimpinan dan anggota Komisi VIII DPR RI, Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa, Staf Khusus Menteri Sosial, pejabat Eselon 2 dan 3, dan pimpinan LKS.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Taat Ujianto