Netral English Netral Mandarin
banner paskah
21:01wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Segera Perbaiki Karat Kecil Pada Mobil, Jika Terlambat Fatal Akibatnya

Sabtu, 20-Maret-2021 14:00

Ilustrasi karat pada mobil.
Foto : cashcarsbuyer.com
Ilustrasi karat pada mobil.
24

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Karat jadi musuh utama bagi benda yang berasal dari besi atau logam, termasuk pada mobil Anda. Sering tanpa disadari, karat seperti mendadak timbul di permukaan kendaraan Anda.

Sebenarnya, karat pada kendaaran itu tidak terjadi secara tiba-tiba. Karat muncul akibat adanya proses oksidasi.

Besi yang tidak terlindungi oleh pelapis akan terpapar udara atau oksigen. Lebih parah lagi jika permukaan besi itu sering lembab terkena air, proses karat jadi semakin cepat. Mulanya sedikit dan tanpa disadari jadi melebar.

Karat sangatlah merusak sehingga menyebabkan nilai kendaraan Anda bisa turun drastis jika terlalu banyak bagian yang berkarat.

Oleh karena, Anda wajib mewaspadai sejak dini potensi terjadinya karat pada kendaraan ini. Kita-kiat yang dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, Sabtu (20/3/2021) langkah berikut ini bisa dilakukan untuk mengantisipasinya, yaitu:

1. Cek Kerusakan

Apakah mobil pernah ditabrak atau mengalami tabrakan? Cek bila tabrakan tersebut di bagian besi. Bila sampai cat terkelupas, maka sebaiknya segera cat ulang bagian tersebut. Karena bila dibiarkan, maka karat akan terbentuk dan menyebar melalui titik tersebut.

2. Awasi Kelembaban Kabin

Menjaga kabin tetap kering rupanya bukan untuk kenyamanan saja. Bila ada air yang tersangkut dan tersembunyi di balik karpet misalnya, bisa-bisa membentuk karat sehingga jika karpet dirasa sangat basah, ada baiknya mengeringkannya.

3. Gunakan Anti Karat

Bila tinggal di daerah dekat pantai yang sangat rawan karat, maka ada baiknya memasang anti karat. Layanan ini sendiri sudah disediakan secara khusus di berbagai perusahaan, atau paling tidak mampir saja ke bengkel bodi atau cat.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP