Netral English Netral Mandarin
05:42wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Seger Benerrr! Ini 10 Sajian Es yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Jumat, 02-April-2021 14:40

Es buah jadi sajian paling dicari saat bulan puasa.
Foto : Doyan resep
Es buah jadi sajian paling dicari saat bulan puasa.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Berbuka puasa memang paling enak menyeruput minuman manis, untuk mengembalikan energi. Selain itu, sajian es juga menjadi menu yang sering dicari setelah seharian menahan rasa dahaga. 

Berikut ini 10 sajian es yang cocok untuk berbuka puasa, bisa jadi rekomendasi bagi Anda di Bulan Suci Ramadhan:

1. Es Jeruk 

Siapa yang tidak tahu es jeruk? Ya, hidangan es yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena sering dijumpai, mudah dibuat dan rasanya terjangkau. 

Baca Juga :

Meski sederhana, tetapi es jeruk merupakan minuman segar yang mampu mengobati dahaga setelah seharian berpuasa. Bayangkan bongkahan es batu yang berpadu dengan perasan dari sari jeruk berwarna oranye, hmmm segar.

2. Es Kelapa Muda

Sajian es lainnya yang bisa Anda pilih untuk berbuka puasa adalah es kelapa muda. Es ini bisa disajikan secara utuh beserta batok hijaunya, ada pula yang siap minum dan ditambahkan berbagai jenis bahan lain seperti gula merah dan jeruk. 

Bayangan saja, setelah seharian berpuasa, es kelapa muda bisa jadi sajian yang menghidrasi tubuh Anda. Airnya manis alami, berpadu dengan daging kelapa putih nan lembut siap meluncur di tenggorokan Anda.

3. Es Buah

Apabila berbuka puasa, jangan lupa juga Anda lewatkan dengan menyantap sajian es buah. Seperti namanya, es yang satu ini disajikan dengan beberapa campuran buah. Diantaranya buah melon, apel, pir, anggur, stroberi, kelengkeng, hingga alpukat. 

Berbagai campuran buah lantas dipotong dalam ukuran yang lebih kecil, ditambah es, susu kental manis dan sirup coco pandan. Jangan lupa aduk sebelum menyantapnya saat berbuka, manis dan cukup mengganjal perut Anda.

4. Es Campur

Mirip seperti es buah, sajian yang bernama es campur ini terdiri dari berbagai bahan yang saling dicampur menjadi satu. Biasanya es campur terdiri dari serutan blewah atau timun suri, cincau, jelly, rumput laut, kolang-kaling dan sedikit kerokan alpukat. 

Tidak hanya itu, dicampurkan juga sirup coco pandan yang menambah cita rasa manis dan membuat warnanya menjadi cantik. Apabila kurang manis, ditambahkan pula sedikit campuran susu kental manis dan es batu yang menambah sensasi dingin dan segar.

5. Es Sarang Burung Walet

Coba juga sajian es sarang burung walet yanh sederhana. Namanya sederhana, tentu sajian es yang satu ini bukan dari sarang burung walet asli, melain kan dari bahan yang tekstur dan warnanya menyerupai. 

Isinya adalah potongan jelly yang menjulur panjang-panjang, ditambah biji selasih dan es batu. Bahan tersebut lantas dicampur pada sirup leci dan air. Simpan pada kulkas dan sajikan saat berbuka.

6. Es Cendol

Minuman yang satu ini juga tidak kalah menjadi primadona saat berbuka puasa, namanya adalah es cendol. Es cendol terdiri dari bulir panjang tepung beras berwarna hijau. 

Tidak hanya itu saja, ditambahkan pula santan yang menambah sensasi rasa gurih. Untuk rasa manis, diberikan pula cairan gula merah yang biasanya diberi potongan buah nangka sehingga wangi.

7. Es Cincau

Seperti namanya, sajian minuman yang satu ini berbahan dasar dari daun cincau. Daun cincau yang diolah hingga padat bertekstur seperti jelly berwarna hijau. 

Cincau lantas disendok dan dimasukkan pada gelas, diberi parutan es, santan cair dan gula merah. Hmmm, selain manis gurih dan menyegarkan, cincau juga  bermanfaat untuk atasi panas dalam.

8. Es Doger 

Siapa yang belum tahu kalau es doger merupakan singkatan? Ya, doger merupakan singkatan dari dorong gerobak. Alasannya karena sajian es yang satu ini biasa dijajakan oleh pedagang gerobakan. 

Bahan dari es doger terdiri dari es serut warna merah muda rasa coco pandan, kemudian ditambah ketan hitam, tape, sagu mutiara merah muda, dan potongan roti tawar. Banyak ya komposisinya? Tidak sampai di situ, berbagai bahan tadi ditumpuk jadi satu dan dituang dengan sedikit susu kental manis.

9. Es Pisang Ijo 

Sajian yang satu ini dikenal berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan manis dan gurih ini cocok untuk sajian berbuka puasa dan mengganjal perut karena cukup mengenyangkan. 

Bagaimana tidak, bahan dari es pisang hijau terdiri dari bubur sumsum, pisang yang dibalut dengan kulit tepung beras berwarna hijau, kemudian dipotong-potong, dan diberi sirup coco pandan serta es batu. 

10. Es Kacang Merah

Sajian es yang satu ini amat terkenal di Manado, namanya es kacang merah karena bahan dasarnya memang kacang merah. Kacang merah diolah menggunakan daun pandan, gula, garam, susu evaporasi dan air hingga mengental. 

Kacang merah lantas disajikan dengan serutan batu es, lalu ditambahkan dengan saus susu kental manis rasa cokelat. Apabila mau menyantapnya, jangan lupa aduk terlebih dahulu hingga es dan kacang merah bercampur jadi satu. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani