Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:09wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Segarrr, Yuk Coba Minuman Favorit Anies Baswedan di Tengah Jam Kerja

Kamis, 25-Maret-2021 12:00

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Minum Kelapa Muda dengan Jeruk
Foto : Instagram Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Minum Kelapa Muda dengan Jeruk
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta berbagi kisah terkait kebiasaannya konsumsi minuman segar. Biasanya minuman segar itu dia konsumsi ketika menjelang siang, di tengah padatnya pekerjaan. 

Dia ungkap dirinya sehari-hari sering minum kelapa muda. Tidak langsung diminum, biasanya Gubernur Anies menambahkan sedikit perasan jeruk. 

"Saya sehari-hari sering minum kelapa muda. Dan biasanya ditambah jeruk sedikit, supaya makin segar," kata Anies, dikutip dari unggahannya, Kamis (25/3/2021).

Gubernur Anies mengaku, sehari-hari biasanya dia pesan melalui layanan pesan antar. Menurutnya, banyak usaha mikro tawarkan air kelapa muda. 

"Selalu pilih yang tidak dicampur gula ataupun air. Pilih air kelapa muda yang murni dan selalu resfreshing!," kata dia. 

Dilansir dari laman healthline, ternyata ada banyak manfaat kesehatan dari konsumsi air kelapa muda. Diantaranya adalah memiliki sifat antioksidan, melawan diabates, mencegah batu ginjal, dan mendukung kesehatan jantung. 

Tidak hanya itu, ada juga manfaat lainnya seperti dapat menurunkan tekanan darah, memulihkan hidrasi, rasanya lezat dan sumber nutrisi.

Kelapa tumbuh di pohon besar yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera. Terlepas dari namanya, air kelapa adalah jus yang ditemukan di tengah kelapa hijau muda. 

Air kelapa terbentuk secara alami di dalam buah dan mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. Jangan bingung dengan santan, yang dibuat dengan menambahkan air ke parutan daging kelapa. Santan mengandung sekitar 50% air dan sangat tinggi lemak kelapa.

Kelapa membutuhkan waktu 10-12 bulan untuk matang sepenuhnya. Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda berumur sekitar 6–7 bulan, meskipun juga terdapat pada buah dewasa.

Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar 0,5–1 cangkir air kelapa. Satu cangkir (240 ml) mengandung 46 kalori, serta Karbohidrat: 9 gram, Serat: 3 gram, Protein: 2 gram, Vitamin C: 10%, Magnesium: 15%, Mangan: 17%, Kalium: 17%, Sodium: 11%, Kalsium: 6%.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani