Netral English Netral Mandarin
banner paskah
21:48wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Sebut Rumah DP 0 Mentereng, Musni: Ada Narasi Konyol untuk Jelekkan Anies, Itu Hoax

Kamis, 11-Maret-2021 16:06

Rektor Universitas Ibnu Chaldun sekaligus Sosiolog Musni Umar
Foto : Twitter
Rektor Universitas Ibnu Chaldun sekaligus Sosiolog Musni Umar
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sosiolog Musni Umar menyebut, ada pihak yang membangun narasi bahwa program rumah down payment (DP) 0 Rupiah hasilnya juga nol.

Menurut Musni, narasi itu hoaks dan dibuat untuk menjelekkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai penggagas program rumah DP 0 Rupiah.

"Ada narasi konyol yang dibangun DP Nol Hasil Nol. Tujuannya untuk jelekkkan Anies," tulis Musni di akun Twitternya, Rabu (10/3/2021).

Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC) ini menuding bahwa narasi tersebut hoax. Pasalnya, lanjut Musni, rumah DP 0 rupiah telah dibangun dengan megah dan layak huni.

Sebagai bukti, Musni mengunggah sejumlah foto rumah DP 0 Rupiah yang dibangun di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Narasi tersebut hoax. Ini buktinya DP Nol hasilnya bangunan yang mentereng dan sangat layak huni," cuit Musni Umar.

Seperti diketahui, program rumah DP 0 Rupiah menjadi salah satu janji andalan Anies Baswedan saat bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Kini, program tersebut kembali menjadi sorotan publik menyusul adanya kasus dugaan korupsi pengadaan lahan terkait  proyek rumah DP 0 Rupiah. Kasus itu tengah diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain terganjal kasus dugaan korupsi, realisasi program rumah DP 0 Rupiah juga dipertanyakan banyak pihak karena hingga kini jumlah hunian yang dibangun masih sangat jauh dari target yang dijanjikan Gubernur Anies.

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta tahun 2017-2022, target jumlah hunian di program rumah DP 0 Rupiah adalah sebanyak 232.214 unit. Namun hingga akhir Desember 2020, jumlah hunian yang tersedia masih kurang dari 1.000 unit atau tidak sampai satu persen.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli