Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:56wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
Sebut Ahok-Raffi Harusnya Tersangka Seperti HRS, Politisi Demokrat Ditertawai Netizen

Jumat, 15-January-2021 16:00

Taufiqurrahman, politisi Partai Demokrat.
Foto : ILC
Taufiqurrahman, politisi Partai Demokrat.
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Partai Demokrat Taufiqurrahman berpendapat, jika Habib Rizieq Shihab (HRS) ditetapkan sebagai tersangka karena membuat acara kerumunan, maka seharusnya Raffi Ahmad dan Basuki Tjahaja Purnama (BTP/Ahok) juga dijadikan tersangka lantaran ikut dalam sebuah pesta.

Hal itu disampaikan Taufiqurrahman terkait kehadiran Ahok dan Raffi Ahmad di pesta ulang tahun pengusaha Ricardo Gelael. Acara yang digelar di kediaman Ricardo di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Rabu (13/1/2021) itu tengah menjadi buah bibir setelah beredar foto Raffi Ahmad cs tidak menerapkan protokol kesehatan. Pun, Ahok terlihat tidak mengenakan masker saat bernyanyi.

"Acara kerumunan yang dibikin HRS dilakukan saat PSBB Transisi. Party yang melibatkan Raffi dan Ahok dilakukan saat PSBB Diperketat dan belum lama setelah dilakukan vaksinasi," tulis Taufiqurrahman di akun Twitter-nya, @taufiqrus, Kamis (14/1/2021).

Diketahui, Habib Rizieq ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan terkait kerumunan di acara pernikahan putrinya dan peringatan Maulid Nabi di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat pada November 2020 lalu.

Habib Rizieq dijerat dengan pasal 160 KUHP terkait penghasutan dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. Selain itu, Rizieq dikenakan pada 216 KUHP terkait dengan melawan petugas.

"Kalau HRS jadi tersangka mustinya Raffi dan Ahok juga bisa jadi tersangka,  itu logika hukumnya," kata Taufiqurrahman.

Cuitan Taufiqurrahman itu mendapat komentar beragam dari netizen. Banyak yang sepakat dan ikut mendesak agar aparat melakukan proses hukum terhadap Ahok dan Raffi cs seperti halnya Habib Rizieq.

Namun demikian, tak sedikit juga netizen yang merasa heran dengan logika hukum ala Taufiqurrahman, pasalnya yang disasar untuk jadi tersangka adalah Raffi dan Ahok yang notabene hadir sebagai tamu, dan bukan pihak yang menggelar acara. Alhasil, sejumlah netizen menyindir, mengkritik dan merasa lucu dengan cuitan Taufiqurrahman.

Berikut netralnews.com merangkum sejumlah komentar netizen yang tidak sepakat dengan logika hukum Taufiqurrahman.

"Yang satu menyelenggarakan, yang 1 cuma dateng tapi disama-samain. Cocoklogi aja (emoji tertawa)," tulis @TetepFrontal.

"Justru gak logika tapi logila, kalau logikanya begitu maka Gub dan Wagub DKI yang datang di acara MRS juga harus jadi tersangka karena hadir sebagai Undangan.. (emoji tertawa)," sentil @EliahuNavia.

"HRS penyelenggara pesta. RA dan AHOK tamu undangan. Sampai sini paham?". (Emoji tertawa) dibuka otaknya biar bisa mikir yang benar. Tamu yang hadir di acaranya HRS apa ada yang dihukum?" kata @dewi_ndolu.

"Kalau gitu berarti yang hadir di kerumunan Rizieq semua wajib di tangkap juga dong kalo gitu," komentar @GamingKimax.

"HRS itu yang punya hajat, Ahok Raffi dll itu guest star.. Moon maap wkwkkwkw kalo mau ditangkep yah harusnya yang sama sama punya acara... Emang tamunya HRS ada yang di tangkep? Kan cuma jadi saksi (emoji tertawa)," sindir @Putryleonie.

"Cerdas sedikit dek, kalau tamu kena, Anies dan Titiek keseret dong, ceritanya mau ngegas tapi salah materi...(emoji tertawa)," sentil @AriestaRiico_.

"Logika gini masuk bangat..tolong tangkap si fadli zon, Anies ,reza, saat kunjungi habib Rizieq..dengan sendirinya tanpa lu omongin Ahok dan Rafi akan datang sendiri tanpa lu omongin," kata @umbu_david4.

"HRS itu tamu atau tuan rumah di acara itu dul ??? Pantes aja kalian gak jadi apa-apa di negara ini sekarang, pada g*blok-g*blok gini," sindir @djokotri28.

"Kamu bisa membedakan Tuan Rumah dengan Tamu?. Kamu bisa membedakan orang yang Mengundang dengan orang yang di undang?. Kamu bisa membedakan Tuan Rumah ( penyebab ) dan Tamu ( akibat )?. Logika Hukum kamu Absurd," komentar @kumur69.

"Kalau beserta tamunya berarti yg dulu berkerumun di Petamburan tamunya harus dihukum juga semua?" kata @prilempir. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Irawan HP