Netral English Netral Mandarin
22:27wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Sebelum Ikuti 15 Tips Kulit Putih Ini, Pahamilah Arti Cantik

Selasa, 26-January-2021 19:53

Ilustrasi Sebelum Ikuti 15 Tips Kulit Putih Ini, Pahamilah Arti Cantik
Foto : Kapan Lagi
Ilustrasi Sebelum Ikuti 15 Tips Kulit Putih Ini, Pahamilah Arti Cantik
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Anda inginkan tips kulit putih bersinar dan alami? Sebaiknya pahami dulu apa itu arti cantik.

Tak sedikit entah cewek atau cowok menginginkan tubuh putih bersih, mengkilau dan alami. Mereka menganggap itulah arti cantik dan tampan.

Padahal, sebelum menginginkan kulit putih, sebaiknya tuntaskan dulu pemahaman arti cantik. Meski bersifat subjektif, tetapi ada hakikat cantik yang lebih objektif.

Menurut pemahaman artis, tentu saja dipengaruhi dunianya. Sebut misal salah satunya adalah artis cantik Dewi Sandra.

Meski sudah menginjak usia yang ke- 40 tahun, artis ini tetap menawan. Namun, ia pun memiliki konsepsi arti cantik yang ia hidupi.

Menurutnya, cantik tak hanya sekedar penampilan fisik, melainkan keseluruhan jasmani dan ruhani.

“Cantik itu luas sekali maknanya. Tapi buat saya, cantik adalah ketika kita bisa menerima kondisi fisik kita dengan baik ditambah lagi dengan sinergi wawasan, ilmu, dan pemikiran,” tutur Sandra Dewi beberapa waktu silam.

“Kecantikan wajahnya sesuai dengan kecantikan hatinya. Ucapannya sesuai dengan tingkah lakunya. Kepintaran otaknya sesuai dengan cara bicara kepada orang lain,” imbuhnya seperti yang ia ungkap dalam acara Wardah Feel Beauty di Restoran Eastern Opulence, Jakarta Selatan.

Nah, soal kecantikan ini, Dewi Sandra rupanya punya sudut pandang tersendiri dalam menilainya.

“Hmmmm… jujur aku sendiri bingung bagaimana harus menjelaskannya karena pada hakikatnya semua perempuan itu diciptakan cantik…. tanpa terkecuali… tapi lagi-lagi justru kita yang salah melihatnya karena mata yang kurang teliti atau hati yang kurang pintar menghargai….” tutur Dewi suatu ketika di akun Instagram-nya.

Dewi menilai, yang paling penting soal kecantikan itu bukan tentang cantik di mata manusia, tapi bagaimana tampil cantik dalam pandangan Allah.

“Jadi cantik itu… macem-macem… banyak sekali pendapat dan persepsi… tapi yang suka menggelitik pikiranku adalah pertanyaan-pertanyaan yang menurutku jauh lebih penting… sambil merenung kupun introspeksi diri… Apalah arti sebuah kecantikan jika Allah tidak ridho padanya… Kecantikan yang mampu membuat manusia terpesona sedangkan Sang Pencipta memilih untuk memalingkan wajahNya… Kecantikan yang banyak dipuja puji penghuni bumi tetapi para penghuni langit justru mencelanya….” tulis Dewi.

Dewi juga mengutip sebuah kalimat bijak milik Buya Hamka, “Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak di wajah dan pakainnya.”

Dewi pun menegasakan bahwa cantik itu bermuara dari hati.

“Adab dan Ilmu…. Ilmu dan Iman…. .#cantikitu…. dalam…. sedalam lubuk hatimu…. yang ingin terlihat cantik hanya untuk Dia…. itu melebihi segala-galanya…. ” pungkasnya.

Kenali Hakikat Cantik

Kecantikan merupakan sesuatu yang sangat melekat bagi kaum wanita. Cantik itu sendiri didefinisikan sebagai suatu yang indah dan menarik.

Seringkali, kriteria cantik seorang wanita diukur dari tubuh yang ideal; berkulit putih; berambut lurus, hitam, serta panjang.

Dengan hadirnya globalisasi, makna kecantikan kemudian menjadi seragam pada setiap daerah dan negara. Seluruh masyarakat mengakui wanita cantik adalah yang memiliki kriteria dengan simbol-simbol yang telah disebutkan.

Media iklan memiliki andil yang besar dalam menyebarkan makna cantik ini. Dari banyaknya iklan mengenai kecantikan inilah yang kemudian membuat kaum wanita berlomba-lomba untuk menjadi cantik yang sempurna.

Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh industri kecantikan dengan menghadirkan klinik-klinik kecantikan. Kehadiran klinik kecantikan ini bertujuan untuk memenuhi keinginan para wanita akan layanan perawatan kecantikan yang menunjang penampilan wajah dan tubuhnya.

Dalam suatu penelitian, Rosita Wulaning dan. Andreas Soeroso, seperti dinukil repositori.ugm.ac.id, mengunggah hasil kajian mereka tentang makna cantik menurut wanita pekerja yang menjadi konsumen di sebuah klinik kecantikan yaitu Natasha skin care.

Setiap wanita pasti memiliki motivasi tersendiri mendatangi klinik kecantikan. Selain itu, mereka tentu memiliki makna kecantikan dari sudut pandang mereka, entah itu terpengaruh dari pihak luar maupun memang berasal dari diri mereka sendiri.

Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di Yogyakarta dengan melibatkan 7 informan.

Informan ini terdiri atas 4 wanita karier (bekerja), 2 mahasiswa yang bekerja freelance, dan 1 mahasiswa di perguruan tinggi negeri. Seluruh informan ini merupakan pelanggan dari Natasha skin care dan rata-rata mereka sudah menjadi pelanggan sejak 1 tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil penelitian, didapat berbagai motivasi yang melatarbelakangi para wanita mendatangi klinik kecantikan. Melakukan perawatan di klinik kecantikan bagi mereka merupakan salah satu bentuk untuk dapat menjaga penampilan mereka agar tetap cantik.

Selain itu, mereka lebih mempercayakan merawat tubuh di klinik kecantikan karena ada dokter spesialis kecantikan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Para wanita ini juga memaknai arti cantik karena adanya pengaruh dari keluarga, status ekonomi, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, serta adanya perbedaan umur.

Kecantikan yang telah didapatkan para wanita ini juga memberikan dampak sosial seperti mudah mendapatkan pekerjaan, mudah mendapatkan pacar, mudah diterima di lingkungan sosial, dan menjadi lebih percaya diri.

Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa setiap wanita memiliki makna cantiknya masing-masing. Hal ini disebabkan adanya perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh setiap wanita.

Perbedaan umur, status ekonomi, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, dan keluarga, sangat menentukan pemaknaan cantik dari seorang wanita.

Disamping itu, kecantikan yang dimiliki seorang wanita dapat membantu dirinya untuk terus diakui di lingkungan bermasyarakat.

Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa kecantikan merupakan hal penting bagi setiap wanita.

Menjadi Diri Sendiri

Terlepas dari kajian tersebut, ada juga yang berpendat bahwa cantik itu tak hanya dari penampilan luar saja. Kecantikan seorang wanita tak sekadar apa yang terlihat dari penampilan fisik saja. Tapi lebih dari itu.

Wanita cantik adalah mereka yang menjadi dirinya sendiri.Mungkin kita sering mendengar berbagai informasi atau definisi tentang kecantikan wanita.

Berbagai iklan dan media juga masih menggembar-gemborkan standar wanita cantik itu adalah yang berkulit putih, berhidung mancung, dan bertubuh super langsing.

Padahal setiap wanita dilahirkan dengan keunikan dan keistimewaannya sendiri.

Untuk cantik, kita hanya perlu menjadi diri sendiri. Untuk bisa benar-benar bahagia, kita perlu bahagia menerima diri kita apa adanya terlebih dahulu.

Menerima semua kekurangan dan kelebihan diri kita sendiri. Tak perlu terlalu dipusingkan dengan omongan atau tuntutan orang lain. Karena apa?

Karena yang berhak menentukan kebahagiaan hidup kita adalah diri kita sendiri.Kecantikan seorang wanita itu mulai terpancar ketika ia sudah bisa menjadi dirinya sendiri.

Menjadi seseorang yang benar-benar dirinya seutuhnya. Bukan meniru orang lain atau memakai topeng orang lain.

Jadi, jangan habiskan waktu Anda untuk berusaha jadi orang lain. Apalagi menuruti omongan atau cibiran orang lain.

15 Tips Kulit Putih

Nah, setelah paham hakikat cantik, maka, saat Anda menginginkan  kulit putih bersih, maka tempatkanlah hal itu dalam proporsi yang tepat.

Sebab, ada banyak orang yang memang ditakdirkan sejak lahir tidak berkulit putih, misalnya saudara kita di wilayah Timur. Konsep kulit putih bisa disesuaikan dalam arti lain. Sebab, mereka juga punya konsep apa itu cantik.

Nah bagi yang sudah menggebu-gebu ingin tahu apa saja itu tips memutihkan kulit, berikut Netralnews sajikan sejumlah tips kulit putih yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Air beras

Saat hendak menanak nasi, Anda dapat memanfaatkan air bekas mencuci beras. Karena beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit.

Berikut adalah cara alami memutihkan kulit menggunakan beras:Saat mencuci beras, jangan buang airnya. Biarkan air beras agar mengendap. Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami

2. Minyak Zaitun

Cara memutihkan kulit tubuh secara alami dan cepat untuk wanita selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit.

Dan juga minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan.

Caranya:Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu. Gunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi.

3. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloesin, yaitu zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap.

Karena itulah mengapa lidah buaya banyak dimasukkan ke dalam komposisi dari berbagai produsen obat pencerah kulit.

Maka lidah buaya pun bisa dicoba sebagai cara memutihkan kulit secara alami.

Caranya pun mudah saja :Petik daun lidah buaya secukupnya. Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah. Oleskan secara merata pada tubuh Anda. Diamkan selama 15 menit. dengan air bersih.

4. Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang tinggi. Fungsinya meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan diganti sel kulit baru lebih sehat.

Walaupun berbau amis, tapi ternyata banyak wanita Korea dan Jepang yang menggunakan putih telur sebagai cara memutihkan kulit tangan dan wajah secara alami.

Caranya adalah :Pisahkan putih dan kuning telur. Putih telur dikocok hingga berbusa. Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan. Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin setelah mandi.

5. Lemon

Lemon adalah jenis jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit.

Begini cara memutihkan kulit secara alami dengan cepat dan permanen dengan menggunakan lemon:Siapkan buah lemon dan peras. Oleskan perasan lemon pada kulit Anda. Biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih sambil mandi.

Cara ini akan membuat kulit Anda agar segera menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

6. Bengkoang

Cara memutihkan kulit yang umum dan alami adalah dengan menggunakan bengkoang. Telah banyak produk kecantikan yang menggunakan khasiat bengkoang sebagai pemutih.

Karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berperan penting untuk memutihkan dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar.

Vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi. Sehingga Anda patut mempertimbangkan untuk menggunakan bengkoang sebagai cara memutihkan kulit dengan cepat.

Caranya mudah saja :Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker lulur mandi yang alami. Bisa juga dicampurkan dengan parutan bengkoang yang nanti berfungsi sebagai scrub

7. Mentimun

Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran kulit sehingga kulit menjadi cerah dan bersih.

Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar mata hitam Anda.

Cara cepat memutihkan kulit dengan menggunakan mentimun adalah :Blender mentimun tanpa air hingga berbentuk seperti jel. Usapkan pada seluruh tubuh.  Diamkan selama 30 menit. Lalu basuh dengan menggunakan air bersih sembari mandi

8. Lobak putih

Lobak putih pada umumnya digunakan sebagai bahan dapur, tapi sebenarnya juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan kulit secara alami.

Kandungan yang terdapat pada lobak putih, yaitu: vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Kandungan airnya yang cukup banyak juga akan menjadikan kulit jadi lebih lembab dan sehat.

9. Tomat

Lycopine, yaitu senyawa anti-oksidan yang ada dalam tomat telah terbukti dapat menangkal radikal bebas sehingga membuat kulit jadi cerah dan berseri.

Tomat juga dapat berfungsi sebagai tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

 Cara memutihkan kulit wajah secara alami menggunakan tomat: Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur.  Lalu oleskan pada seluruh tubuh. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih atau mandi.

10. Kentang

Kentang mengandung mineral yang dapat digunakan menjadi antibiotik alami yang berfungsi untuk memperlambat penuaan kulit dan membantu mempercepat regenerasi kulit.

Kandungan anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka.

Penggunaan kentang adalah salah satu cara memutihkan kulit wajah secara alami dan cepat untuk wanita.

Cara penggunaannya adalah :Tumbuk halus kentang yang telah direbus. Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta. Oleskan pada seluruh tubuh. Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

11. Susu

Kolagen yang terdapat di dalam kulit berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan tidak berkerut.

Susu mengandung vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen juga terdapat vitamin B6 yang berguna untuk merawat dan menjaga kesehatan dan kelembapan kulit.

Caranya :Campur 1 gelas susu segar dengan 4 sdm madu. Jadikan lulur, oleskan pada tubuh. Biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih atau mandi.

12. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu. Yogurt juga mengandung kalsium dan zinc.

Kalsium berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan menjaga agar tidak terjadi dehidrasi, sedangkan zinc berfungsi untuk mengatasi masalah kulit.

Vitamin B kompleks juga dapat menyehatkan kulit Anda dan membuat kulit jadi bersih dan cerah alami.

Caranya:Sediakan yogurt segar tanpa rasa. Gunakan sebagai lulur pada tubuh.

13. Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang merugikan kesehatan internal maupun eksternal terutama bagi kulit Anda.

Caranya:Sediakan oatmeal secukupnya. Buat oatmeal menjadi bubur. Bisa juga ditambahkan madu. Jadikan lulur.

14. Madu

Madu bisa berfungsi sebagai pelembap alami dan juga bisa mencerahkan kulit, karena madu kaya akan anti-oksidan yang juga dapat mengangkat kulit mati.

Cara memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah dengan madu:Sediakan madu secukupnya. Oleskan madu pada seluruh tubuh. Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih sembari mandi.

15. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas.

Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan kulit secara alami dan cepat untuk wanita yang ampuh.

Yang Anda perlukan :Rim susu dan bubuk kunyit. Campurkan hingga berbentuk pasta. Oleskan pada seluruh tubuh. Diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto