Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:01wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Sandi Ajak Anak Muda Kreatif Bikin Konten Kreator di Media Ini

Senin, 01-Februari-2021 08:20

Sandi Ajak Anak Muda Kreatif Bikin Konten Kreator di Media Ini
Foto : Kemenparekraf
Sandi Ajak Anak Muda Kreatif Bikin Konten Kreator di Media Ini
22

JAKARTA, NETRALNEWSS.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak para konten kreator tetap semangat dan penuh optimisme berinovasi untuk menghasilkan konten kreatif agar bisa bangkit dari pandemi.

Menparekraf mengajak para konten kreator mengeksplorasi destinasi wisata juga produk ekonomi kreatif tanah air dan mengunggahnya ke media sosial. Tidak sekadar konten yang menghibur, tapi konten yang memberikan edukasi sehingga dapat membantu meningkatkan promosi, kualitas, serta aksesibilitas masyarakat terhadap berbagai produk pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

"Media sosial, TikTok pada khususnya bisa digunakan sebagai alat yang tidak hanya menghibur, tapi juga memberikan edukasi, informasi tentang destinasi-destinasi pariwisata kita," kata Menparekraf Sandiaga Uno, dalam siaran persnya, Senin, (1/2/2021).

Begitu juga dengan produk ekonomi kreatif. Konten kreator bisa mengeksplorasi berbagai produk ekonomi kreatif tanah air yang beragam.

Ia mencontohkan konten yang pernah diunggah di akun media sosial miliknya. Dari berbagai konten, salah satu yang memiliki jumlah penonton terbanyak adalah konten yang mempromosikan produk-produk kerajinan pelaku ekraf tanah air.

"Menurut saya, para konten kreator memiliki peran yang kuat untuk membantu meningkatkan kualitas dan aksesibilitas produk karya anak bangsa kepada masyarakat luas. Kita harus bisa menumbuhkan semangat optimisme untuk bangkit di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

Data Sensor Tower menyebutkan, hingga Juli 2020 terdapat sekitar 30,7 juta pengguna TikTok di Indonesia. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara pengguna TikTok terbesar keempat di dunia.

"Platform ini tentunya menjadi peluang bagi para konten kreator untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Saya mendorong platform ini bisa digunakan untuk mencetak lapangan kerja yang lebih banyak lagi. Mempromosikan destinasi wisata di Indonesia dan juga mendorong ekonomi kreatif karena 34 juta rakyat Indonesia menggantungkan kehidupannya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani