Netral English Netral Mandarin
13:33wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Rumus Sederhana Bebas Penyakit dari Gus Miftah: Jangan Banyak Tingkah!

Selasa, 29-December-2020 14:00

Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.
Foto : Twitter Gus Miftah
Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah membeberkan rumus sederhana hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

Menurut pemimpin Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta itu, ada empat yang harus dijaga dan juga harus dihindari agar kesehatan selalu terjaga. Apalagi, di tengah pandemi COViD-19 yang tengah merebak belakangan ini.  

Gus Miftah mengatakan, orang yang mengabaikan kesehatan dirinya adalah orang yang menabung masalah untuk masa depannya. 

“Kesehatan adalah mahkota diatas kepala seseorang yang tidak bisa melihatnya kecuali orang yang sakit,” cuit Gus Miftah melalui akun twitter, seperti dikutip Selasa (29/11/2020).

Dalam potongan video yang diunggah bersama cuitan tersebut, Gus Miftah mengatakan, hidup bersih saja tak menjamin seseorang bebas dari penyakit seperti COVID-19. "Prancis negara terbersih kelima dunia, warganya terpapar COVID ada 750 ribu," ujarnya.

Bahkan, kata dia, cuaca panas pun seperti di Iran, tak mampu menghentikan virus ini untuk menyebar luas. 

Ia melanjutkan, banyak olahragawan kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Valentino Rossi, Zlatan Ibrahimovich ikut terpapar. Orang dengan tubuh berotot seperti Dwayne Johnson atau The Rock pun terinfeksi. 

Tenaga medis yang lebih banyak tahu tentang kesehatan pun banyak meninggal karena tertular virus yang muncul pertama kali di Wuhan, China tersebut.

"Tapi sebaliknya kita lihat, kalau memang kotor itu pasti kena COVID, ternyata pasar tradisional, pengamen, gelandangan, pemulung, orang gila itu jarang yang kena COVID. Bahkan saya lihat, sampai hari ini belum ada orang gila yang terpapar COVID," tuturnya. 

Gus Miftah pun mengutarakan, "Pertanyaannya adalah kenapa orang gila itu badannya sehat terus? jawabannya satu, karena orang gila itu tidak pernah punya beban pikiran."

"Nah, makanya kalau pengen sehat terus adalah, jadilah orang.. bukan orang gila maksudnya, jadilah orang yang tidak banyak beban pikiran," katanya. 

Berdasarkan catatannya, kata Gus Miftah, orang sakit atau orang punya masalah itu biasanya sumbernya atau akarnya ada empat.

"Yang pertama adalah pola pikir, yang kedua pola makan, yang ketiga pola hidup, dan yang keempat adalah keakehan polah (kebanyakan tingkah)," pungkasnya.

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP