Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:06wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Roy Suryo Soroti Video Jokowi Berwudhu, Gus Nadir: Om, Bulan Puasa Kurangi Nyinyirannya

Jumat, 16-April-2021 20:00

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Hosen (Gus Nadir)
Foto : Istimewa
Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Hosen (Gus Nadir)
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Hosen (Gus Nadir) mengingatkan pakar telematika Roy Suryo agar mengurangi nyinyiran di bulan puasa.

Hal tersebut disampaikan Gus Nadir mengomentari cuitan Roy Suryo soal video amatir yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berwudhu. Video tersebut bernarasi Presiden lupa diberitahu menggulung celana saat wudhu.

"Om @KRMTRoySuryo2 bulan puasa kurangi nyinyirnya," tulis Gus Nadir di akun Twitternya, Kamis (15/4/2021).

"Videonya gak lengkap & menggulung celana itu teknis saja. Bisa kok pas Pak Jokowi mau basuh kaki ujung celananya ditarik ke atas dikit tanpa harus digulung sebelumnya," jelas Gus Nadir.

Gus Nadir lantas mempersilahkanmantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu untuk menyampaikan kritik terhadap kebijakan Presiden Jokowi, tapi bukan nyinyir terhadap hal-hal yang tidak perlu.

"Kritik saja kebijakan beliau, jangan yang kayak ginian dibahas (emoji tertawa)," kata @na_dirs.

Sebelumnya, viral di media sosial video amatir yang memperlihatkan Presiden Jokowi berwudhu saat meninjau korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu.

Video tersebut juga diunggah akun Twitter chakrawidjayas1. Dalam cuitannya, akun itu menyindir Jokowi. Ia menyebut Presiden lupa diberitahu kalau celananya mesti digulung terlebih dahulu saat berwudhu.

"JAe mampir jumatan dalam kunjungan ke NTT pantau bencana alam. Berwudhu, tetapi lupa diberitahu kalau celananya, digulung terlebih dahulu (emoji tertawa).#DoaUtkHRSdanDukungBuruh," kata@chakrawidhayas1, Senin (12/4/2021).

Cuitan dan unggahan video akun tersebut rupanya mendapat perhatian dari Roy Suryo. Ia pun berkomentar lewat akun Twitternya.

"Viral beredar Video Amatir yang diposting Akun (at)chakrawidjayas1 menggambarkan Presiden sedang Wudhu di NTT & ditulis "lupa diberitahu" (?) tidak menggulung celananya," tulis Roy di akun Twitternya, Kamis (15/4/2021).

Dalam cuitannya, Roy mengajak netizen untuk tidak berburuk sangka terhadap Jokowi karena mungkin saja video itu tidak lengkap.

"Kita berpraduga baik saja, mumpung ini bulan baik, mungkin (sekali lagi, "mungkin" ?) Videonya tersebut tidak lengkap (emoji senyum sinis/sindiran)," sambung @KRMTRoySuryo2.

Selain kemungkinan video yang tidak lengkap, mantan petinggi Partai Demokrat itu berpendapat bahwa mungkin saja aktivitas Jokowi dalam video itu bukan berwudhu tapi menjalankan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan juga menggunakan masker).

"Sekali lagi kita berpraduga baik saja, selain mungkin "Videonya tidak lengkap", itu juga bukan Wudhu tapi "Prokes 3M" ? (tanda tanya) Sekali lagi "mungkin", ya ... (emoji sinis)," jelas Roy Suryo.  

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli