Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:17wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Duh, Rencana Anies Cegah Banjir Disabotase, Eko: Pasang CCTV dong! Udah Tahu Jakarta Banyak...

Kamis, 21-January-2021 15:40

Duh, Rencana Anies Cegah Banjir Disabotase, Eko sebut: Pasang CCTV dong! Udah Tahu Jakarta Banyak...
Foto : Istimewa
Duh, Rencana Anies Cegah Banjir Disabotase, Eko sebut: Pasang CCTV dong! Udah Tahu Jakarta Banyak...
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Upaya pencegahan banjir Ibu Kota yang terus dilakukan Gubernur DKI Jaarta, Anies Rasyid Baswedan disabotase orang tidak dikenal.

Pasalnya, terdapat sejumlah kasus adaqnya pemotongan kabel listrik pada sejumlah rumah pompa yang tersebar di wilayah Jakarta Pusat. Satu di antaranya adalah pemotongan kabel listrik pada Rumah Pompa Dukuh Atas, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Aksi pemotongan kebel listrik yang terhubung dengan sejumlah mesin pompa itu dibenarkan Kepala Suku Dinas Binamarga Jakarta Pusat, Rakim Sastranegara.

"Iya sempat ada percobaan pencurian kabel tapi belum terjadi hanya putus saja kabelnya," kata Rakim, Rabu (20/1/2021).

Berita tersebut menjadi perhati pegiat media sosial Eko Kuntadhi. Melalui akun Twitternya, Kamis (21/1/21) Eko mengatakan: "Rencana pencurian pak. Beda sama sabotase."

"Pasang CCTV dong! Udah tahu Jakarta banyak pencolengnya...," ketus Eko Kuntadhi.

Sementara sebelumnya diberitakan, Kepala Suku Dinas Binamarga Jakarta Pusat, Rakim Sastranegara mengatakan bahwa keberadaan Rumah Pompa yang berlokasi persis di sebelah Underpass Dukuh Atas itu sangat penting.

Mengingat pompa air berukuran besar di lokasi berfungsi untuk mencegah banjir seperti yang terjadi pada tahun 2017 silam. Apalagi, kini Pemprov DKI tengah menghadapi puncak musim penghujan yang diprediksi jatuh pada bulan Februari 2021 mendatang.

"Kejadian pertama pelaku tertangkap oleh petugas rumah pompa," katanya.

Sedangkan aksi kedua pelaku memang tidak tertangkap, hanya saja kabel sempat dipotong oleh pelaku, namun kabel itu tidak berhasil dibawa kabur.

"Kejadian kedua itu pelaku tidak tertangkap tapi sempat memotong kabel listrik. Pelaku melakukan pemotongan kabel listrik dari meteran KWH ke mesin pompa air," ujarnya dilansir Tribunnews.com.

Menyikapi maraknya tindak kejahatan, Rakim tengah melakukan pengajuan pemasangan CCTV di empat rumah pompa underpass di Jakarta Pusat. Diantaranya, Underpass Dukuh Atas, Senen, Angkasa dan Matraman.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto